home

Kota Malang Terkenal Kuliner Kripiknya


Jika anda datang ke Kota Malang jangan lupa membeli oleh-olehnya. Oleh-oleh khas Kota Malang yang paling terkenal yaitu dengan apel batunya, selain dengan apel batunya dan ada pula kripik tempe yang terkenal di Kota Malang, terletak didaerah kawasan Sanan, Malang, Jawa Timur. Camilan keripik tempe adalah jajanan khas asli Kota Bunga yang telah banyak dikenal dan diminati oleh para wisatawan yang pernah berkunjung di Kota Malang.

Cita rasa yang lezat dank has dari olahan tempe Malang memiliki perbedaan dengan tempe hasil olahan dari daerah lain di luar Malang, Oleh karena itu Tempe Malang lebih banyak disukai pada kelezatan rasa hasil olahan tempe sendiri. Hasil olahan dengan bahan dasar tempe memiliki banyak variasi dan banyak macamnya di dunia kuliner, terutama kuliner Indonesia dan salah satunya cukup terkenal adalah keripik tempe Sanan Malang.
Proses Pembuatan Kripik Tempe :
    Keripik tempe dibuat dari bahan dasar utama yaitu kedelai yang dijadikan tempe terlebih dahulu agar selanjutnya bias diiris tipis-tipis menjadi keripik. Tempe yang dibuat dari kedelai tersebut harus hasil akhirnya harus bertekstur padat tidak boleh terlalu renggang teksturnya, hal ini terkait dengan mekanisme pengerjaan ketika dilakukan peragian dan pematangan saat diragi. Pada saat pembentukan tempe disesuaikan dengan kebutuhan keripik tempe yang akan dibuat bentuk bulat atau kotak sesuai selera pembuatnya.

Tempe yang sudah siap kemudian dipotong tipis-tipis, dan dicampur dengan bahan-bahan lain seperti tepung beras dan rempah-rempah. Jenis bumbu yang dipakai membuat keripik tempe antara lain : ketumbar, bawang putih, kapur sirih, santan kelapa, dan daun jeruk purut, sebagai penyedap.
 
Tempe yang telah dipotong tipis tipis tersebut dicampur dengan adonan tepung, dan bumbu penyedap kemudian digoreng hingga kering dan tidak boleh terlalu gosong. Proses pembuatan keripik tempe ini dilakukan secara tradisional dengan tidak menambahkan  pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi dan juga ketika proses produksi harus diperhatikan kebersihannya agar produk selalu higienis.
Keunggulan Keripik Tempe Sanan Malang :

  1. Tanpa menggunakan bahan pengawet. 
  2. Tidak mudah tengik atau bau apabila disimpan.
  3. Kemasan yang baik dan higenis.
  4. Menggunakan minyak nabati yang berkualitas.
  5. Keripik lebih tipis sehingga renyah apabila dimakan.
  6. Tersedia berbagai aneka rasa. 

Keripik tempe Sanan Malang terdiri dari beberapa aneka rasa antara lain :
•Rasa Original (rasa asli tanpa tambahan bumbu seasoning powder).
•Rasa ayam bawang, Ayam bawang pedas, Balado, Barbeque, Jagung bakar, Jagung Manis, Keju, Lada hitam, Ayam bakar, Pedas manis, Pizza, Rumput laut, Sambal Udang, Sapi panggang, Seafood, Spagheti, Udang, Jeruk Purut, Balado Hijau, Sambal setan.
Selain keripik tempe dengan aneka rasa, di toko oleh-oleh Sanan Malang ini juga menyediakan beberapa jenis keripik lainnya, ada keripik buah (keripik apel, nangka, mangga, salak, nanas, melon, dan beberapa jenis buah lainnya), keripik bakso, ketela ungu, ketela madu, amplang dan masih banyak lagi jenis yang lainnya.

Untuk pengemasan keripiknya masih menggunakan plastik transparan, dan untuk masalah harga, Untuk keripik tempe yang original dibandrol dengan harga 5ribu rupiah per bungkus, sedangkan untuk yang aneka rasa dibandrol dengan harga 6ribu rupiah, cukup terjangkau kan…
Bagi siapa saja yang gemar dan hobi berpetualang di wisata kuliner ada kalah baiknya mencoba dan mencicipi jajanan khas kota Malang ini, dijamin anda pasti puas. Ayo coba dan buktikan sendiri kelezatan keripik tempe Sanan Malang.




Berikan Komentar Anda


Tautan media yang lain