home

Tips dasar untuk menjadi konsultan yang baik


Apakah anda tahu apa itu konsultan ? dan apakah anda tahu bagaimana menjadi seorang konsultan ? Nah pasti sebagian orang bertanya begitu. Kita langsung saja menjawab itu semua, Pertama – tama kita harus mengenali apakah konsultan itu ? Konsultan adalah Seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa kepenasihatan/keputusan (consultancy service) dalam bidang keahlian tertentu, misalnya arsitek, teknologi informasi,akuntansi, pajak, bisnis dan masih banyak lagi. Untuk menjadi seorang konsultan tidaklah sulit dan tidak juga gampang jadi bisa dikatakan sedang. Karena untuk menjadi seorang konsultan yang harus kita lakukan pertama kali adalah niat dan belajar. Tanpa didasari niat dan diiringi belajar kita tidak akan menemukan keberhasilan. Di bawah ini ada beberapa tips untuk menjadi konsultan yang baik, diantaranya adalah :


1.Sering mencari referensi dari orang-orang yang sudah sukses di bidang jasa konsultan. Tiap konsultan memiliki style berbeda, dan ciri khas masing-masing. Pelajari mereka, cari tahu apa kelebihan dan kekurangan mereka sehingga dapat menjadi masukan berharga untuk kita.

 

2.Coba lihat industri apa yang akan kamu masuki apakah marketing, arsitektur, bisnis atau bidang industri lainnya. Cobalah untuk melihat "sesuatu yang besar”, sesuatu yang sangat sensasional dan menggairahkan. Setelah dapat melihat “sesuatu yang besar”, tariklah ke belakang dan cobalah temukan ide untuk sesuatu itu, dan kemudian satukan ide tersebut dengan keuntungan yang akan didapatkan oleh klien. 

 

3.Menjadi konsultan haruslah memiliki attitude atau tingkah laku yang baik. Setelah itu pelajarilah bagaimana cara untuk berinteraksi dengan baik serta pengucapan kata dan pemilihan kalimat yang tepat untuk klien. Cobalah bersikap realistis dan ikuti kemana arah yang diinginkan klien. Dan yang paling utama jangan pernah menyalahkan ide klien.

4.Meskipun kamu merasa kenal semua orang yang ada di industri tersebut, kadang kesempatan juga bisa muncul dari luar industri. Cobalah terbuka terhadap semua orang karena sikap yang terbuka memiliki potensi untuk mendatangkan klien lebih banyak dan cobalah untuk membuat network / jaringanmu sendiri sebagai seorang konsultan.

5.Untuk hasil akhir yang banyak di perhatikan oleh klien adalah dilihat dari hasil akhir yang sudah dikerjakan oleh konsultan. Dengan membuat profil sendiri dengan media website akan mempermudah kita untuk menampilkan portofolio hasil yang telah dikerjakan dan juga membantu untuk menampilkan video yang lebih mudah untuk menampilkan interaksi antara konsultan dengan klien.

Selain itu ada juga beberapa pekerjaan – pekerjaan yang nantinya akan dilakukan oleh seorang konsultan, diantaranya adalah : 

1.Pitching


Intinya adalah menjual dan menawarkan jasa. Kegiatan ini bisa berupa menyiapkan dokumen dan meriset klien yang prospektif, menulis proposal, atau melakukan presentasi kepada calon klien.

2.Research / Pencarian


Menjalankan riset sekunder terhadap klien dan industri terkait dengan menggunakan sumberdaya internal maupun sumber-sumber dari luar. Melakukan interview mengenai kebutuhan klien dan mendapatkan pemahaman mengenai proses bisnis perusahaan.

3.Analisis

 


Membuat permodelan dalam Excel atau menggunakan permodelan keuangan lainnya. Melakukan analisis dari data yang telah diperoleh dan model yang telah disusun. Membantu menyusun rekomendasi yang diperlukan. 

4.Reporting / Laporan

 


Menyiapkan presentasi final (biasanya disebut dengan “deck“) dalam slide PowerPoint. Karena itu bisa membantu klien dan menunjukkan temuan serta rekomendasi yang telah dibuat.

5.Implementasi

 


Berperan sebagai project manager yang memastikan jalannya implementasi secara benar dalam setiap fase. Melakukan eksekusi dalam integrasi sistem dan menguji sistem yang direkomendasikan (untuk IT consulting firm). Melakukan dokumentasi dan finalisasi setelah project terselesaikan.

6.Administrasi
Bekerja dalam tim riset internal perusahaan ketika tidak sedang terlibat dalam project. Mengisi form untuk time tracking dan expense reports. Menulis publikasi atau hasil temuan dalam buku/jurnal.

Nah diatas adalah beberapa hal yang di lakukan oleh seorang konsultan, akan tetapi ada satu fase yang paling menonjol, yaitu adalah fase analisis. Fase analisis adalah bagian yang paling menarik sekaligus paling sedikit memakan waktu. Tahap-tahap awal biasanya menuntut konsultan untuk bertemu klien atau menghadiri meeting secara intensif. Seiring dengan persaingan yang kian ketat, konsultan juga semakin banyak menghabiskan waktu dan sumberdaya mereka untuk melakukan kegiatan marketing.


Semoga ini bisa menjadi refresnsi untuk kita semu yang baru akan menjadi seorang konsultan, dan teruslah untuk belajar dan perbanyak pengalaman tentang menjadi konsultan




Berikan Komentar Anda


Tautan media yang lain