home

Trenggalek Juga Mempunyai Kuliner Khasnya Sendiri


Kuliner - Jika anda penikmat kuliner anda pasti tahu makanan khas tradisional Trenggalek ini, yaaa ini dia Nasi Tiwul atau lebih dikenal dengan Sego tiwul ini adalah salah satu makanan tradisional khas trenggalek. Dengan berbahan dasar ketela yang sudah di keringkan sampai warnanya coklat, rasanya gurih juga sangat mengenyangkan biasanya di nikmati dengan lauk ikan asin, tempe goreng dan sayur kebanyakan dijual di pasar tradisional. Untuk makanan khas tradisional ini sudah menyebar ke seluruh kota yang ada di trenggalek, jadi anda tidak usah bingung – bingung mencari makanan khas ini karena makanan tradisional ini sudah menjadi makanan legenda masyarak ternggalek dari yang tua sampai anak muda sekarang ini semuanya mengenal Nasi Tiwul atau Sego Tiwul.

Anda juga bisa membuat sendiri nasi tiwul ini dengan bahan dan cara penyajian sebagai berikut :

  1. 350 gram singkong (yang sudah dikupas kulitnya lalu jemur kurang lebih 3-4 hari).
  2. 1 gelas air matang
  3. 150 gram gula merah (sisir halus)
  4. 200 gram kelapa parut
  5. 2 lembar daun pandan (kira-kira ukuran 20 cm lalu ikat simpul)
  6. 1 tangkai daun pisang (ambil daunnya saja)
  7. Garam secukupnyacara membuat tiwul

Cara Penyajian

  1. Tumbuk kasar singkong yang sudah kering sambil dipercik-percikkan air, sampai menjadi gaplek yang membentuk butiran-butiran kecil.
  2. Selanjutnya gaplek yang telah ditumbuk tadi beri tambahan gula merah. Kemudian bungkus gaplek seperti membungkus pepes ikan dengan menggunakan daun pisang. Setelah semua gaplek dibungkus lalu kukus gaplek hingga matang.
  3. Cara membuat taburan kelapa untuk gaplek antara lain : kukus parutan kelapa bersama dengan daun pandan dan garam dengan waktu kira-kira 15-20 menit, kemudian angkat.

Untuk nasi tiwul sendiri juga bisa dinikmati seperti nasi yang biasa, Contohnya nasi tiwul juga bisa di santap dengan cara menggorengnya dan menjadi tiwul goring, dengan cara santapan ini nasi tiwul juga mempunyai citarasa sendiri. Enaklah pokoknya hmmmmmm. Ayo segera rasakan makanan khas tradisional ini.




Tautan media yang lain