home

20 Fakta Menarik Tentang Negara Indonesia


Indonesia adalah Negara di Asia Tenggara yang di lintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia juga merupakan Negara dengan kepulauan terbesar di Dunia karena terdiri dari lebih dari 13.500 pulau. Selain itu Indonesia mempunyai beragam budaya dan memiliki keindahan alam yang luar biasa, mulai dari pegunungannya, laut, hingga flora dan faunanya. 
Dari itu semuanya Negara Indonesia memiliki banyak fakta unik di dalamnya, diantaranya :

1.Indonesia adalah Negara maritime terbesar di dunia dengan perairannya seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai mencapai sekitar 81 ribu km2 atau mencapai hampir 25% panjang pantai di dunia.

2.Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dengan penduduknya sekitar 150 juta orang,  hampir 60% penduduk di Indonesia sendiri.

3.Indonesia merupakan Negara dengan jumlah suku Bangsa terbanyak di Dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis.

4.Di Indonesia terdapat Bunga yang terbesar di Dunia yaitu Rafflesia Arnoldi, berat 7 kg (15 pon) dan hanya tumbuh di pulau Sumatera Indonesia. Kelopaknya tumbuh 0,5 meter (1,6 kaki) panjang dan 2,5 cm (1 inci) tebal.

 

5.Indonesia adalah Negara Demokrasi terbesar ke-3 di Dunia.

6.Indonesia adalah  produsen dan pengekspor terbesar LNG (gas alam cair) di Dunia, memasok lebih dari 40% dari pasar dunia dan merupakan produsen dunia terbesar ketujuh dari gas alam.

7.Indonesia memiliki danau Toba, Danau terbesar di Asia Tenggara.

8.Di Indonesia terdapat sebuah Monumen Budha yaitu Candi Borobudur di Jawa Tengah, Indonesia, Candi tersebut adalah kuil budha terbesar di Dunia, yang dibangun pada abad ke-9, dan dianggap sebagai salah satu Keajaiban Dunia yang terlupakan. 
Dengan Ketinggian keseluruhan adalah 42 meter(10 Tingkat). Lantai pertama hingga lantai enam adalah bentuk persegi, ketujuh ke lantai kesepuluh berbentuk lingkaran.


Borobudur menghadap ke Timur dengan total dari 1460 panel (2 meter lebar masing-masing). Ukuran total dari dinding candi adalah 2500 meter persegi. Jumlah total panel adalah 1212. Menurut investigasi, jumlah patung Buddha adalah 504 termasuk patung utuh dan rusak. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750M-850M).

9.Indonesia juga memiliki binatang kadal yang terbesar di Dunia yaitu Komodo dengan panjang mencapai 3 meter dan beratnya hingga 90 kg, yang terdapat di Taman Penangkaran Komodo , Pulau komodo.

 

10.Selain itu Indonesia juga mempunyai pesona bawah laut yang luar biasa, dan Indonesia adalah Negara Terkaya akan Terumbu Karangnya dengan hampir 18% dari total di Dunia.

 

11.Indonesia merupakan Negara dengan jumlah penduduk Muslim terbanyak Di Dunia. Dengan jumlah penduduk pemeluk Agama Islam sekitar lebih 215 Jiwa atau kurang lebih dari 80% dari penduduk di Indonesia.

12.Di Indonesia juga memiliki kuliner kopi yang termahal di Dunia yaitu adalah Biji Luwak Kopi.

 

13.Pejuang HAM (Hak Asasi Manusia) yang lengendaris dan bapak pembebas Negara Afrika Selatan, yaitu Nelson Mandela,mengakui bahwa perjuangannya dalam melawan rezim Apartheid itu,di inspirasikan oleh Syekh Yusuf Al Makassary,yang beliau berasal dari Indonesia dan berdarah bugis.

14.Indonesia juga memiliki Bunga paling bau di Bumi disebut bunga Bangkai (dalam bahasa latinnya Amorphophallus titanum) yang dapat tumbuh hingga ketinggian rata-rata 2 meter (6,5 kaki) yang ditemukan di Indonesia.

Ketika mekar, Bunga itu melepaskan bau yang sangat busuk sebanding dengan daging busuk, yang dapat berbau setengah mil jauhnya.

15.Negara Indonesia memiliki garis pantai terpanjang di dunia (sekitar 85.000 km)

16.Indonesia mempunyai biodiversitas Anggrek terbesar di dunia.

Termasuk Anggrek Hitam yang sangat langka dan hanya dapat di jumpai di daratan Papua.

17.Jumlah Nomor Handphone Indonesia mencapai lebih 280 juta, Nomor 4 terbanyak di Dunia.

18.Indonesia adalah negara dengan bahasa daerahnya terbanyak, yaitu terdapat 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan oleh berbagai suku bangsa di Indonesia. Bahasa Nasional adalah bahasa Indonesia, meskipun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.

19.Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih 18.000 pulau yang ada.

20.Stadion Senayan di Jakarta, Indonesia, adalah stadion terbesar di seluruh dunia ketika selesai di bangun pada tahun 1962 untuk dan menjadi tuan rumah Asian Games. Kapasitas yang dapat menampung sampai dengan 100.000 orang.

Dan masih banyak lagi fakta menarik dan untik yang dimiliki oleh Negara Indonesia yang kita cintai ini. Banggalah sudah menjadi dari Bangsa Indonesia dan terus lestarikan apa yang sudah menjadi Aset berharga bagi Indonesia dan terus perjuangkan apa yang sudah menjadi diri Indonesia.




Berikan Komentar Anda


Tautan media yang lain