home

6 Tips Memilih Usaha Yang Cocok Untuk Kita


Seringkali kita merasa ragu dan bimbang ketika menentukan usaha apa yang cocok untuk kita bangun dan jalankan. Suatu usaha pastinya sangat penting bagi kehidupan kita, selain untuk mencari penghasilan untuk kebutuhan sehari - hari, usaha juga menjadi tolak ukur mencapai sebuah kesuksessan. Dibawah ini ada kiat dan tips untu anda calon wirausahawan, diantaranya adalah :

1. Perhatikan Pemilihan Lokasi
 
Lokasi adalah hal yang menentukan keberhailan usaha yang akan kita ambil nanti, semakin strategis lokasi yang kita dapat semakin baik jalan usaha yang akan kita raih nanti. Jika kita sudah memiliki lokasi yang akan kita jadikan tempat usaha, perhatikan juga jenis usaha apa saja yang telah didirikan orang lain. Dengan memperhatikan jenis usaha yang telah didirikan orang lain, tentunya kita bisa dengan mudah mengetahui jenis usaha apa saja yang telah di dirikan, sehingga kita bisa mendirikan usaha yang berbeda dengan usaha yang telah didirikan oleh orang lain. Tujuannya adalah agar usaha yang akan kita dirikan menempati posisi jenis usaha baru di sekitar lokasi tersebut.

2. Pilih Usaha Sesuai Passion Kita
  
 
Passion adalah rasa cinta/hobi. Jadi yang dimaksud ini adalah kita harus menentukan suatu usaha yang suai dengan hobi kita contohnya, hobi memasak, olahraga, servis, dll. Jika kita suka memasak lebih baik usaha kita lebih mengarah seperti catering, kuliner, rumah makan, dll. Jika kita sudah menemukan usaha yang sesuai denga passion yang kita miliki, usaha itu bagaikan sesuatu kesenanga sendiri karena dari passion kita.

3. Membuat List Bidang Usaha
  
 
Dengan membuat daftar bidang usaha, tentunya kita dapat mengetahui jenis usaha apa saja yang belum banyak didirikan orang lain. Setelah menemukan beberapa daftar bidang usaha, tentukan bidang usaha apa yang paling sesuai dengan lokasi dan kemampun kita.

4. Mempelajari Bidang Usaha Yang Telah Dipilih
  
 
Setelah memilih bidang usaha apa yang akan kita ambil, sebaiknya pelajari lagi bidang usaha yang telah dipilih tersebut sampai kita benar-benar memahaminya. Jika kita berhasil memahaminya, tentunya usaha yang kita pilih bisa dengan mudah kita dirikan. Namun, jika kita kesulitan memahami bidang usaha yang akan kita pilih, sebaiknya kita kembali pada poin kedua, yaitu membuat daftar bidang usaha.

5. Mencari Target Market dan Konsumen
  
 
Target Market dan Konsumen sangat penting kita lakukan, karena dengan menentukan itu semua kita bisa dapat dengan mudah melakukan analisa mengenai harga, pembeli, barang, dll.

6. Bermimpi Besar
  
 
Seorang calon wirausahawan harus mempunyai mimpi yang besar terhadap usaha yang bakal dijalaninya nanti. Cita-cita itu dapat membawa kita meraih satu tujuan untuk membuat usaha tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu panjang.

semoga kiat dan tips diatas dapat membantu kita untuk menemukan usaha yang cocok dan pas untuk kita jalankan.




Tautan media yang lain