home

7 Trik ini Membuat Otak Kamu Belajar Lebih Cepat


Untuk jadi pribadi lebih baik, mau nggak mau kita harus belajar. Itu sudah harga mati. Nggak ada ceritanya, orang bisa sukses walaupun nggak belajar. Belajar pun nggak cuma yang terjadi di bangku sekolah.Kamu belajar cara memasak, belajar cara menulis yang baik, belajar cara menendang bola… Semua itu juga termasuk belajar. Tapi kita sering malas belajar lama-lama. Kalau bisa, kita maunya belajar tapi cepat “nempel” di otak. Kamu pun mau, kan?

Berikut ini 7 trik yang bisa kamu coba saat belajar, yang membantu kamu menangkap apa yang kamu pelajari lebih cepat dan ingat lebih lama.

1. 50 Menit Sekali
 
 
 
Kadang kalau lagi semangat, kita sanggup belajar berjam-jam nonstop. Sebenarnya, ini cara yang agak keliru. Kalau belajar lebih dari 50 menit, otak sulit memproses dan menyimpan informasi yang masuk. Datanya terlalu banyak. Nanti, data yang terlalu banyak malah kebuang percuma. Sayang kan? Makanya, setiap 50 menit belajar, istirahat 10 menit. Dengan beristirahat 10 menit, otakmu punya kesempatan untuk mengolah dan mengarsip file.

2. Cara Belajar Efektif – 80/20
 
  
 
Prinsip 80/20, adalah tentang mempelajari 20% untuk mendapatkan 80%. Ini tentang efektivitas. Ketika kamu mempelajari sesuatu yang benar-benar baru, kamu perlu cari tahu: Bagian mana yang kira-kira akan banyak digunakan? Misalnya kamu mau mempelajari bahasa Inggris. Maka, carilah 20% kosakata Bahasa Inggris yang digunakan dalam 80% percakapan sehari-hari. Atau bila kamu mau berlatih sepakbola. Carilah gerakan-gerakan apa saja yang bakal sering kamu gunakan, latihlah.Ini akan membantu kamu mengenali pelajaran baru lebih cepat. Setelah menguasai bagian-bagian intinya, kamu memahami bagian lain lebih cepat.

3. Cara Belajar Efektif – Jangan Pegang Banyak-banyak!
 
  
 
Kalau mau belajar, jangan sambil buka facebook atau instagram! Bila perlu, internetnya dimatikan sekalian. Jadi kamu nggak terganggu. Singkirkan hal-hal yang bakal mengganggu konsentrasimu. Pokoknya, belajar ya belajar aja! Nggak usah sambil ngerjain/mikirin yang lain.

4. Cara Belajar yang Efektif – Ganti Style Sesuai Kepribadian
 
  
 
Seringkali otak kita malas menangkap pelajaran karena cara belajar kita yang gitu-gitu aja. Membosankan! Bila kamu mempelajari sesuatu dari buku, coba cari sumber lain di Youtube. Atau, coba cari sumber pelajaran di Slideshare. Bila kamu selalu belajar di kamar, coba belajar di kafe atau perpustakaan kota. Mengganti style belajar akan membuat otakmu “kaget”, tapi dia pasti hepi. Cara belajar seseorang bisa beda-beda, tergantung tipe kepribadian mereka.

5. Cara Belajar dengan Baik – Berguru pada Master
 
  
 
Ketika ingin mempelajari sesuatu, carilah ahlinya. Atau setidaknya, yang lebih ahli daripada kebanyakan orang. Guru bisa melihat dan memperbaiki kesalahanmu. Dia juga bisa jadi tempatmu bertanya. Lebih mudah daripada belajar sendiri, kan? Ahli ada di banyak tempat kok. Apalagi dengan kehadiran internet kayak sekarang. Kamu bisa menemukan mereka di youtube, facebook, skype, tutsplus, twitter, dll. Kalau nggak ketemu, ya cari aja di google. 

6. Cara Belajar Efektif – Tulis Tangan
 
  
 
Mencatat yang penting-penting dengan tulisan tangan membantu otak kamu lebih aktif. Selain itu, kamu juga lebih bebas menambahkan garis bawah, coretan, stabilo. Dan juga, otak kamu lebih mudah menangkap informasi yang berasal dari tulisanmu sendiri.

7. Cara Belajar yang Efektif – Kamu Nggak Boleh Berhenti
 
  
 
Kadang ketika kita belajar sesuatu yang baru, kita jadi antusias. Semangat berapi-api. Kita bagikan hal baru itu ke sosial media, dan kita ceritakan ke teman-teman. Ini adalah fase “bulan madu”. Semua terasa indah. Tapi seperti bulan madu dalam percintaan, fase bulan madu dalam belajar pun akan berlalu. Kamu akan mengalami fase bosan dan mentok. Kebanyakan orang, bila sudah bosan, akan memutuskan untuk menyerah. Tutup buku! Untuk mengantisipasinya, kamu perlu ingat: fase bulan madu ini tidak bertahan lama. Kamu cuma perlu bersiap-siap. Ketika kamu sudah mulai bosan, istirahatlah. Tapi jangan menyerah. 

Semua orang mengalami fase ini kok. Yang membedakan adalah: ada orang yang berhenti, dan ada yang terus berjuang. Belajar adalah maraton. Sekalipun kamu sudah ahli, belajar akan terus kamu lakukan sepanjang hayat. sources: Elle Kaplan




Berikan Komentar Anda


Tautan media yang lain