home

Arti Bulan Syaban dan Keistimewaan di Dalamnya


Bulan Syaban adalah bulan setelah Bulan Rajab dan sebelum datangnya bulan Ramadhan. Bulan Syaban sendiri adalah bulan ke 8 dalam penanggalan Hijriyah atau kalender Islam,di mana bulan Syaban merupakan persiapan untuk memasuki bulan yang penuh dengan rahmat bulan Suci Ramadhan. Bulan Syaban juga termasuk salah satu bulan yang diagungkan dalam Islam. Pada malam Nisfu Syaban, Allah SWT turun ke langit dunia dan memberi syafaat (bantuan) bagi siapa saja yang meminta pada malam itu hingga terbit Fajar.

Rasulullah SAW pernah bersabda : 
"Jika terjadi malam nisfu Syaban, maka shalatlah kamu sekalian pada malam harinya, dan puasalah kamu sekalian pada siang harinya. Karena sesungguhnya Allah Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi turun pada malam tersebut ke langit dunia mulai dari terbenam matahari dan berfirman,
"Apakah tidak ada orang yang meminta ampun, sehingga Aku mengampuninya? 
Apakah tidak ada orang yang meminta rezeki, sehingga Aku memberinya rezeki? 
Apakah tidak ada orang yang terkena bala, sehingga Aku dapat menyelamatkannya? 
Apakah tidak demikian, apakah tidak demikian, sehingga terbit fajar.
"

Adapun peristiwa – peristiwa yang terjadi pada Bulan Syaban tersendiri, diantanya adalah :

1.Pada bulan Syaban, Allah berkenan untuk merubah arah kiblat umat Islam dari Masjidil Aqsho (palestina) ke arah Masjidil Haram (arab Saudi), yang sebelumnya tatkala umat Islam berada di Kota Madinah, jika melakukan shalat kiblatnya mengarah ke arah Baitul Maqdis.  Tepatnya pada 15 Syaban, Allah berkenan memindah kiblat umat Islam menuju Masjidil Haram.

2.Pada bulan Syaban,segala amal manusia dalam jangka waktu satu tahun dilaporkan kehadirat Allah SWT. Sebagaimana hadits yang disampaikan sahabat Usamah bib Zaid ra.; 
“Saya pernah berkata: Ya Rasulullah! Saya tidak melihat  Anda berpuasa penuh pada bulan lain, seperti puasa Anda di bulan Syaban ini? Beliau menjawab: Pada bulan ini adalah sebuah bulan yang banyak dilalaikan oleh umat manusia, dan dia berada diantara Rajab dan Ramadhan yang pada bulan tersebut seluruh amal manusia dilaporkan ke hadirat Allah, maka aku senang tatkala amal ibadahku dilaporkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. An-Nasaiy).

3.Pada bulan ini, khususnya pada malam Nisfu Syaban, Allah berkenan untuk menentukan umur manusia. Seperti dalam hadits Aisyah ra, yang pernah bertanya kepada Nabi SAW : 
“ Wahai Rasulullah, apakah bulan yang Anda paling sukai untuk melakukan puasa adalah bulan Syaban? Beliau menjawab: Sesungguhnya Allah pada bulan ini menetapkan setiap jiwa manusia yang akan mati pada satu tahun ke depan, maka aku senang tatkala ajalku tiba aku sedang dalam keadaan puasa ”.

Dan selain itu juga terdapat amalan – amalan pada bulan Syaban diantaranya :

1.Bersedekah
Bersedekah meskipun dengan setengah biji kurma sehingga Allah akan mengharamkan badan kita dari api jahanam. Diriwayatkan bahwa Imam Shadiq AS pernah ditanya tentang keutamaan berpuasa di bulan Rajab. Beliau berkata, 
“Mengapa kalian lupa dengan puasa di bulan Syaban?” Perawi berkata, 
“Wahai putra Rasulullah, apakah pahala orang yang berpuasa satu hari di bulan Syaban?” 
“Demi Allah, surga adalah pahalanya,” tegas beliau. Ia bertanya kembali, 
“Wahai Putra Rasulullah, apakah amalan terbaik di bulan ini?” Beliau berkata, 
“Bersedekah dan istighfar. Sesiapa bersedekah di bulan Syaban, Allah Swt akan memelihara sedekah tersebut sebagaimana salah seorang dari kalian memelihara anak untanya sehingga pada hari kiamat sedekah tersebut sampai di tangan pemiliknya seperti Gunung Uhud besarnya.”

2.Membaca Doa 1000x

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُوْنَ

“ Laa ilaaha illallahu wa laa na’budu illa iyyahu mukhlishiina lahuddiinaa wa law karihal musyrikuuna”. 
Tiada Tuhan selain Allah dan kami tidak menyembah kecuali Ia dengan memurnikan agama hanya bagi-Nya meskipun kaum musyrikin menentang [kami] )

Dan masih ada banyak amalan-amalan yang terdapat di Bulan Syaban.
Semoga artikel seputar bulan Syaban ini semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca dan bagi kita semuanya.




Berikan Komentar Anda


Tautan media yang lain