home

Tips Memasak Dengan Mempertahankan Kualitas Dan Gizi Dalam Makanan


Cara memasak yang tepat agar kadungan didalam makanan tetap bermanfaat bagi tubuh kita . Bukan berarti kita harus memakan makanan yang mentah karena ada beberapa jenis makanan yang harus di masak dulu . Memasak dapat menghancurkan dinding dinding sel sayuran sehingga dapat memudahkan proses penyerapan zat zat ke dalam tubuh kita.
Berikut adalah cara memasak dengan cara yang tepat agar kandungan gizi di dalam makanan dapat bermanfaat bagi tubuh kita. Berikut ini adalah tips tips memasak dengan cara yang tepat 
 
1. MEREBUS
 
 
Merebus adalah salah satu cara memasak yang cepat . Merubus tidak mebutuhkan apa-apa selain air . Tetapi saat merebus harus memastikan suhu yang digunakan tidak terlalu tinggi . Tidak memerlukan waktu lama untuk merebus dan sebaiknya jika merebus tidak menggunakan terlalu banyak air.Jika airnya terlalu banyak dan suhunya terlalu tinggi , hal tersebut bisa  meluruhkan 70 persen dari mineral makanan yang direbus. Merebus adalah cara terbaik untuk mempertahankan nutrisi di dalam sayuran seperti sayur kol dan wortel
 
2. MENGUKUS
 
 
Tips memasak dengan cara mengukus adalah salah satu yang cocok untuk diterapkan hampir semua jenis makanan . Misalnya mengukus sayuran atau daging ikan , berarti memungkinkan makanan dapat mempertahankan semua kandungan gizi nya , bahkan kita tidak perlu memambahkan apa-apa , akan tetapi sebaiknya menambahkan sedikit bumbu sebelum mengukus agar menambahkan cita rasa dalam makanan tersebut. 
 
3. MENUMIS 
 
 
Menumis adalah salah satu cara memasak yang digemari banyak orang , jika menumis tidak memerlukan banyak minyak perlu sedikit minyak untuk mematangkan sayuran atau daging yang akan ditumis . Tips memasak ini cocok untuk mengolah daging yang di potong kecil-kecil , biji-bijian dan sayuran yang di potong tipis-tipis seperti paprika , wortel dan kacang kapri . Sebaiknya jika ingin menghasilkan tumisan yang sehat , bisa mengganti minyak biasa diganti dengan minyak zaitun.

Safina Nur Rahma
malangcorner




Berikan Komentar Anda


Tautan media yang lain