home

10 Rumah dan bangunan terunik di dunia


Pernahkah anda melihat bangunan atau arsitektur yang aneh di dalam kehidupan anda ? pastinya sudahkan. Eh, jangan cuma terkejut dengan apa yang sudah pernah anda lihat saja, karena di bawah ini ada beberapa bangunan atau arsitektur yang unik di Dunia. Oke langsung saja :

1.Lotus Temple


Berlokasi di Delhi,India ini adalah kuil ibu dari anak benua India yang selesai pada tahun 1986.disebut juga dengan candi teratai karna berbentuk seperti bunga. Semua orang tanpa memandang agama mereka dapat mengunjungi tempat ini. Ini adalah salah satu tempat populer Delhi, India. Bangunan ini menjadi populer di kalangan ahli arsitektur untuk desain yang luar biasa dan telah memenangkan banyak penghargaan.Arsitektur dasar dari bangunan itu dikembangkan atas dasar kitab suci Baha'i yang ditentukan oleh Abdul Baha'i, anak fonder dari agama Baha'i. 

2.Elephant Building


Berlokasi di Bangkok Thailand, Elephant Building atau Chang Building ini merupakan sebuah bangunan yang bertingkat tinggi. Bangunan ini kalau dilihat memeng menyerupai bentuk gajah yang besar. Gedung Gajah ini di bangun atas desain hasil kerjasama Dr. Arun Chaisaree dengan arsitek Ongard Satrabhandhu dan pembangunan gedung gajah ini selesai pada tahun 1997. Memiliki tinggi 102 meter dari tanah dan memiliki banyak lantai sejumlah 32 lantai. Bangunan ini mendapatkan gelar urutan ke-4 dari 20 ‘Worlds Ugliest Skyscrepers oleh CNNGO pada bulan Februari 2011 Lalu. 

3.The Piano House di Anhui China


Bangunan ini sudah jelas seperti bentuknya yaitu Piano Raksasa dengan Biola kaca sebagai pintu masuknya. Sedangkan Piano yang terbuka itu adalah sebagai kanopi untuk atap teras rumah itu.

4.Gedung Bengkok


Berlokasi di  Sopot, Polandia bangunan ini sebuah bangunan inspirasi dari ilustrasi anak-anak dalam cerita dongeng. Szotynscy Zalesk adalah desainer dari struktur awesomely tidak biasa. Dibangun pada tahun 2004. Gedung ini mempunyai lantai yang berjumlah tiga dengan tampilan magis sendiri. Hal ini menjadi pusat perhatian banyak orang yang lewat di depannya.

5.Ferdinand Cheval Istana alias Istana ideal


Berlokasi di Hauterives, Prancis. Ini adalah ciptaan dari tukang pos Prancis Ferdinand cheval. Tukang pos ini mulai membangun pada tahun 1879 dan menghabiskan waktu selama 30 tahun hidupnya dalam pengembangan istana yang ideal ini. Hal yang menakjubkan lainnya dari istana ini adalah bahwa Ferdinand cheval diekstraksi ide dari batu. Karya ini adalah campuran inspirasi dari gaya Kristen ke gaya bangunan Hindu. Istana ini dibangun dengan batu, kapur, semen dan mortir. Cheval juga dimakamkan di istana.

6.Turning Torso. Malmo, Sweden.


Dirancang oleh Santiago Calatrava, yang Turning Torso adalah bangunan hunian tertinggi di seluruh Swedia. Dari bawah ke atas, bangunan memelintir 90 derajat penuh.

7.Kettle House, Texas


Di Texas, Amerika Serikat juga ada bangunan aneh yang berbentuk mangkuk. ‘Kettle House’ diperkirakan dibuat sekitar tahun 1950 sebagai tangki untuk menyimpan minyak.

8.The Longaberger


Longaberger Company Building ini atau biasa di sebut dengan Basket Building, adalah sebuah pabrik dan distributor keranjang kayu maple buatan tangan dan peralatan rumah tangga lainnya. Longaberger ini didirikan oleh Dave Longaberger pada tahun 1973.

9.Rumah Cubic


Rumah ini berlokasi di Rotterdam dan Helmond, Belanda, Rumah Cubic ini dirancang dengan konsep "hidup sebagai atap perkotaan". Desain rumah sangat unik di mana rumah masing-masing mewakili sebuah pohon dan rumah-rumah semua bersama-sama membuat sebuah hutan. Rumah yang miring sampai 45 derajat dan dibangun di atas tiang berbentuksegi enam. Piet Blom adalah arsitek dari struktur yang unik.Rumah-rumah itu awalnya dibangun di Helmond nanti penduduk asli Rotterdam ini juga diberkati dengan hutan yang luar biasa dari rumah kubik.

10.Tenerife Concert Hall, Spanyol


Jika Anda berlibur ke Spanyol, bisa mampir ke Kepulauan Canary untuk menyaksikan aneka karya patung seni di Tenerife Concert Hall yang unik. Di tempat ini terdapat auditorium yang menghubungkan kota Tenerife dengan laut.

Nah gimana kawan rumah dan bangunan – bangunanya untuk – unikkan tentunya ? eits jangan hanya terpesona sampai disini saja karena masih banyak hal-hal yang unik di dunia ini yang belum kita ketahui.


arief-arsitek


Tautan media yang lain