home

10 Stadion Sepakbola Terbesar di Dunia


Hai sobat Football Lover, sudah tahu belum stadion sepakbola terbesar di dunia itu apa namanya dan dimana lokasinya? Jika belum tahu jawabannya dan mau tahu banget, silahkan baca artikel ini sampai habis ya!!!

Stadion nampaknya menjadi salah-satu bangunan wajib yang harus eksis di sebuah negara. Lebih lagi jika negara tersebut aktif di berbagai ajang olahraga, khususnya sepakbola. Jika sewaktu-waktu bertanding secara internasional, tentu negara sudah memiliki stadion yang bisa diandalkan dan dibanggakan. Mungkin diantara sobat ada yang menebak kalau jawabannya adalah Camp Nou yang merupakan markas Barcelona FC, sedangkan sebagian yang lain mungkin akan menebak Old Trafford yang menjadi markas Manchester United FC.

Kedua stadion itu memang sangat terkenal dan wah banget memang, tapi kalau ditinjau dari jumlah kapasitas penonton yang dapat diakomodasi, maka stadion sepakbola terbesar di dunia hingga 2016 ini adalah… mari kita simak di bawah ini… ^^

10.Borg El Arab Stadium (86.000 penonton)

Oke mengawali daftar 10 Stadion Sepakbola Terbesar di Dunia, kita mulai dari ururutan 10 yang disinggahi oleh sebuah stadion sepakbola asal benua Afrika yang bernama Borg El Arab Stadium. Kalau lihat dari nama stadion ini, sudah bisa ditebak bahwa stadion ini berasal dari Negara muslim dan memang benar Borg El Arab Stadium berasal dari Mesir yang notabene salah satu Negara dengan mayoritas muslim terbesar di Afrika. 
Stadion Borg El Arab ini dibangun pada tahun 2007. Berlokasi di area kota resort, sekitar 50 km dari barat Alexandria. Bisa kita lihat lintasan lari ada di sekelilingnya, dengan lampu sorot utamanya sebanyak empat buah. waktu itu, mereka membangunnya dengan harapan agar bisa menjadi tuan rumah bagi ajang Piala DUnia tahun 2010. Sayangnya, pilihan tetap jatuh pada Afrika Selatan.

9.Stadion Gelora Bung Karno (88.306 penonton)

Stadion Utama Gelora Bung Karno atau disingkat GBK memang patut bangga sebab menjadi salah-satu yang terbesar di dunia. Dulu kita mengenalnya sebagai Gelora Senayan, yang dipergunakan untuk berbagai acara. Sesuai namanya, memang diambil dari Presiden Pertama RI. Stadion yang menjadi kandang bagi timnas dan klub Persija ini mampu menampung sekitar 88.306 bangku penonton.

8.Wembley Stadium (90.000 penonton)

Stadion Wembley yang kesohor menjadi yang terbesar kedua di daratan Eropa. Tempat ini menjadi kandang bagi timnas Inggris. Lapangan ini juga menjadi tempat diselenggarakannya acara puncak beberapa turnament sepakbola besar di Inggris dan Eropa sebut saja Final Liga Champions hingga Final FA Cup. Pada tahun 2007, stadion ini dibuka. Diantara semua stadion yang dibangun, Wembley menjadi yang paling mahal biayanya, yakni mencapai 1 miliyar dollar.

7.Stadion Azadi (91.000 penonton)

Stadion Azadi menjadi salah-satu arena paling menyeramkan bagi tim lawan manapun. Lapangan yang berlokasi di Teheran ini menjadi kandang bagi timnas Iran sekaligus dua klub besar di negara tersebut, yakni Perespolis FC dan Esteghlal FC. Mereka adalah rival satu kota yang sering dijuluki sebagai ‘derbi Sorkhabi’. Tiap kali bertemu, auranya akan panas dan cukup intens.

6.Stadion Soccer City (95.000 penonton)

Stadion Soccer City atau bisa disebut juga dengan nama FNB (The First National Bank) stadium. Soccer City Stadium mulai dikenal dalam gelaran akbar sepakbola antar Negara terbesar di Dunia yaitu Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan kemarin. Stadion yang disebut menelan biaya yang super mahal ini menjadi stadion utama gelaran akbar sepakbola 4 tahunan tersebut.

5.Stadion Nasional Bukit Jalil (100.000 penonton)

Di peringkat 5 dihuni oleh Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia. Stadion kebanggaan negeri jiran yang dibuka pada tahun 1998. Perdana Menteri saat itu, Tun Dr. Mahathir bin Muhammad, meresmikannya pada 01 Januari 1998. Pada waktu itu stadion digunakan untuk ajang Commonwealth, sekaligus menjadi panggung bagi penampilan band asal Irlandia, The Corrs. Kapasitas penontonnya mencapai 100.000 penonton. Kini stadion Bukit Jalil menjadi kandang bagi timnas Malaysia serta dipergunakan juga sebagai gelaran Asian Cup.

4.Stadion Azteca (105.000 penonton)

Masuk dalam daftar Bif Four Stadion Terbesar di Dunia, ada nama stadion asal Meksiko yaitu Stadion Azteca yang berdiri tegak di Ibukota. Stadion ini pernah menjadi rumah bagi pertandingan final Piala Dunia. Yang pertama tahun 1970, Italia melawan Brazil. Lalu pada tahun 1986, Jerman melawan Argentina. Di daratan Amerika, stadion Azteca memang menjadi yang terakbar. Stadion ini juga menjadi kandang bagi timnas Meksiko dan klub Amerika.

3.Stadion Camp Nou (105.000 penonton)

Peringkat 3 terdapat Stadion yang berada di daerah Spanyol yaitu markas klub Barcelona. Mendengar kata ‘Camp Nou’, tentu yang ada di pikiran kita adalah FC Barcelona. Stadion yang dibangun pada tahun 1957 ini mampu menyediakan kursi bagi sekitar 105.000 penonton. Cukup menjadi ancaman tersendiri bagi mental lawan yang bertandang melawan tuan rumah. Di tahun 1999, stadion ini menjadi tempat digelarnya finalnya liga Champion antara Manchester United versus Bayern Munchen.

2.Stadion Salt Lake (120.000 penonton)

Stadion multifungsi lain yang terbesar di India dan menjadi yang kedua di dunia. Stadion ini menjadi rumah bagi dua klub asal Kalkota, East Bengal dan Mohun Bagan. Permainan derby se-kota diantara mereka sangat popular dan dinanti-nantikan para penggemar. Adapun timnas India sering menjadi Yuva Bharati Krirangan sebagai tempat untuk pertandingan home atau kandang.

1.Stadion Rungrado May Day (150.000penonton)

Dan Stadion Rungrado May Day berhasil menjadi Stadion Terbesar di DUnia Sepakbola sampai saat ini bukan dari Eropa, As ataupun Negara-negara besar Asia seperti China dan Jepang. Melainkan berada di daerah Korea Utara, salah satu Negara paling tertutup di Dunia. 

Apakah akan ada lagi stadion sepakbola besar yang akan dibangun ataupun diresmikan tahun yang akan datang nanti, patut ditunggu memang. Dari 10 Stadion Sepakbola Terbesar di Dunia untuk saat ini, mungkin kurang begitu terkenal seperti stadion-stadion yang berasal dari klub-klub Eropa sana. Kapasitas luas yang dimiliki stadion-stadion ini memang memberi aneka manfaat. Selain leluasa dan bisa difungsikan untuk berbagai acara, tempatnya bisa digunakan untuk mengumpulkan kekuatan dukungan dari penonton, yang lebih banyak dan antusias. Nah, kamu sendiri pingin bermain atau menonton di stadion yang mana???

 


arief-arsitek


Tautan media yang lain