home

5 Tips Desain Kitchen Set Minimalis


Dapur merupakan tempat aktivitas anda dalam mengolah masakan , di sisi lain dapur bisa dijadikan ruang makan dalam rumah anda. Tentunya tak lengkap jika dapur anda tidak berfungsi secara maksimal dan penampilan yang biasa saja , oleh karena itu kitchen set sangat berperan penting untuk menata perabot dapur seperti kompor , kulkas , oven dan wastafel .
Kitchen set minimalis sangat digemari saat ini , konsep rumah minimalis menjadi trend di kalangan masyarakat untuk memiliki rumah dengan luas ruangan yang sempit . Kitchen set minimalis sangat cocok untuk di serasi kan dengan desain rumah minimalis .

Ada 5  tips  desain Kitchen Set minimalis yang bisa anda terapkan di rumah anda , yaitu sebagai berikut :

1. Gunakan layout yang tepat 
Secara umum kitchen set dapat di aplikasikan dalam beberapa layout :
  • Layout kitcen set didisplay dalam dua dinding di dapur yang bersebrangan atau berlawanan.
  • Layout Bentuk Huruf L, sangat cocok untuk ruang dapur minimalis dimana kitcen set ditempatkan dalam pada dinding satu dengan yang lainnya yang saling berpotongan sehingga berbetuk sudut. Biasanya bentuk Layout ini memaksimalkan ruangan atas dan bawah .
  • Layout Bentuk Huruf U. Bentuk layout ini memaksimalkan 3 dinding yang saling terhubung. Atau umumnya dikenal dengan sebutan Pantry.

2. Buat lemari kabinet yang compact 
Lemari kabinet merupakan bagian dari kitchen set yang berfungsi untuk tempat penyimpanan peralatan dan bahan makanan di dapur , pada kitchen set minimalis lemari kabinet harus di desain se-compact mungkin supaya bisa menampung pralatan dalam ruangan yang terbatas .

3. Pilih warna- warna terang 
Untuk menghindari kesan sempit , pemilihan warna untuk finishing dinding sangat berpengaruh , menggunakan warna cat yang terang sangat disarankan karena dapat membentuk kesan luas sehingga cocok untuk diterapkan pada kitcen set minimalis .

4. Hindari penggunaan dinding bermotif 
Dinding ruang dapur , khususnya di belakang bagian meja kitchen set sebaiknya tampil tanpa motif , dinding polos akan memberikan kesan lebih luas , sedangkan penggunaan dinding bermotif akan memberikan kesan sempit, ramai , dan rumit . hindarkan pula pemasangan kalender di dapur dan pemasangan wallpaper , karena rentan rusak terkena air atau minyak . dan sebaiknya di pasang keramik sebagai pelapis dinding dapur . 

5. Usaha kan table top dan dinding dalam keadaan bersih 
Table top merupakan bagian yang berfungsi sebagai meja pada desain kitchen set . untuk menciptakan kesan luas , table top harus selalu dalam keadaan bersih , terbebas dari peralatan memasak , dan peralatan masak sebaiknya jika selesai digunakan segera simpan di dalam lemari kabinet . dengan demikian dapur anda bisa menjadi lebih bersih dan terkesan luas.

Sekian tips yang kami bagikan , semoga bisa menjadi inspirasi anda dalam mendesain dapur minimalis.
 
Penulis;Dinda A. Ramadhani 
arief-arsitek 
(0341) 5446.999 | 085755652.999
Pondok Blimbing Indah blok H1/1 Araya Malang Indonesia  


arief-arsitek


Tautan media yang lain