home

6 Jalan Yang Paling Ekstrim dan Menakutkan DI Dunia


Jalan raya adalah sebuah lokasi dan media yang memang dibutuhkan oleh siapapun untuk menuju daerah lain atau kemanapun. Akan tetapi perlu anda ketahui di banyak Negara yang berada dalam satu Bumi ini terdapat banyak sekali jalan jalan yang indah dan tentunya memiliki keunikan serta menakutkannya jalan tersebut. Di Bawah ini ada beberapa daftar jalan yang paling menakutkan, antara lain :

1.James Dalton Highway , Alaska

Memiliki panjang 414 mil dan terbuat dari batu2 gravel, jalan James Dalton Highway ini menuju ke arah utara dari Livengood (keluar dari Jalan Raya Elliott), melalui padang es kutub utara menuju ke jalur paling utara dari Alaska. Jalanan ini dipakai untuk menyuplai tambang minyak Prudhoe Bay, di sini anda akan sering anda menemui traktor-traktor serta trailer-trailer yang berukuran besar. Setiap kali mereka lewat akan menyebabkan batu2 beterbangan. Hampir semua perusahaan rental mobil tidak memperbolehkan mobil-mobil mereka dipakai untuk melintasi jalanan ini. Kombinasi antara batu-batu gravel yang licin serta batu-batu dan debu yang beterbangan yang menyebabkan pandangan yang tertutup dan bisa mengancam keselamatan anda. Jangan sesekali anda untuk melewati jalan ini, kecuali mobil anda berjenis 4WD serta dilengkapi dengan radio CB, bahan bakar ekstra, ban cadangan, dan juga persediaan makanan serta berbagai bekal lain untuk survival.

2.Col de Turini, France

Jalan ini juga merupakan bagian dari lintasan rally 20 mil dari Monte Carlo Rally WRC, yang menggabungkan 34 belokkan yang menantang dan kecepatan maksimalnya 111 mph. Terletak lebih dari 1 mil di atas permukaan laut, Col de Turini adalah gunung yang terletak di selatan Perancis di Pegunungan Alpen. Jalan ini adalah salah satu jalan paling menarik yang pernah ada di Bumi.Dengan titik tertinggi, Col de Turini adalah 1607m tinggi. Pada akhirnya, kita akan naik di ngarai, dengan sebuah sungai liar di sebelah kiri,dan dinding batu-curam di sebelah kanan yang bisa mengancam keselamatan anda jika anda kehilangan fokus.

3.Stelvio Pass Road Trollstigen, Italy

Jalan ini terletak di pegunungan Alpen Timur di Italia di ketinggian sekitar 1,7 kilometer di atas permukaan laut, 75 km dari Bolzano, dekat perbatasan negara Swiss. Jalan Stelvio Pass Road ini menghubungkan Valtellina dengan dengan kota Merano dan lembah Adige atas. Jalan ini sangat menantang untuk dilewati karena ada 48  tikungan, dengan jalan yang sangat sempit di beberapa titiknya, dan beberapa ada yang condong sangat curam. Dengan ketinggian kurang lebih 2.757 meter.


4.Guoliang Tunnel Road, China

Jalan ini berlokasi di provinsi Henan China. Jalan terowongan yang megah di pegunungan Taihang ini dibangun oleh penduduk di 13 desa setempat.Dengan dipimpin oleh  Shen Mingxin kepala desa meraka, dan memakan waktu lebih dari lima tahun untuk menyelesaikannya. Banyak juga para penduduk desa yang kehilangan nyawa akibat kecelakaan selama pembangunan terowongan, walaupun begitu banyak yang lain juga terus bekerja tanpa henti. Terowongan ini memiliki panjang 1200 meter dengan mempunyai lebar sekitar 5 meter dan tinggi 4 meter. Terowongan Guoliang ini dijuluki sebagai “jalan yang tidak mentolerir kesalahan”. Di sebut seperti itu karena banyaknya kecelakaan yang terjadi di dalam terowongan tersebut terutama disebabkan oleh kelalaian penumpang. Meskipun demikian, ini adalah rute yang sangat indah dan merupakan tujuan utama di peta pariwisata China.

5.The Road of Death, Bolivia

Yungas Road Utara dikenal sebagai El Camino de la Muerte, ‘Road of Death (jalan kematian)’ dalam bahasa Spanyolnya yang terletak di 61km s/d 69 dari kota La Paz menuju ke Coroico (Ibukota Bolivia, wilayah Amazon) di propinsi Yungas, Bolivia. Terkenal karena bahaya ekstrimnya maka jalanan ini di jadikan sebagai “jalan yang paling berbahaya di dunia”. Pada tahun 1995 oleh Inter-American Development Bank. Dengan lebar jalur tunggal, drop off yang ekstrim, dan kurangnya pagar yang menghadang, hanya menambah bahaya mengintai di belakang. Lanjut lagi, kabut dan hujan dapat membuat kabur dan membuat daya cengkram roda ban menurun di permukaan jalan berlumpur, dan melonggarkan bebatuan dari lereng bukit di atasnya. Diperkirakan bahwa 200 sampai 300 wisatawan yang tewas per tahun di jalan yang berbahaya ini.

6.Ruta 5: Arica ke Jalan Iquique , Chile

Jalan yang menghubungkan Afrika menuju Iquique terkenal akan bahayanya yang di sebabkan oleh kecepatan anginnya dan medan yang di laluinya. Saat anda mengendara dengan laju yang tinggi, maka kamu akan merasakannya angin yang memukul dari samping dengan sangat cepat. Tidak heran karena kecepatan angin tersebut bisa mendorong mobil kita terjun ke lembah yg dalam. Selain itu letaknya di tengah padang pasir, bisa mengakibatkan seringkali muncul halusinasi yang bisa pengendara sering mengalami halusinasi.

Di atas adalah beberapa daftar dari jalanan yang berbahaya di muka bumi ini, dan masih banyak juga yang lainnya yang tersimpan di dan yang pasti lebih mengerikan lagi. Tetaplah waspada saat di jalan dan jangan kehilangan konsentrasi saat mengendara.


arief-arsitek


Tautan media yang lain