home

7 Tips Menjadi Sorang Disainer Grafis


Pekerjaan didunia desain semakin hari semakin ramai peminatnya, desain grafis salah satunya. Desainer grafis bertugas membuat solusi visual sebagai sebuah media atau cara berkomunikasi. Dimanapun desainer grafis bekerja, baik di media cetak, elektronik, atau film, seorang desainer grafis dituntut untuk memberikan informasi melalui seni. Tangan-tangan berbakat seorang desainer grafis tampak dimana-mana. Ini dapat menjadi karier yang memuaskan, juga menantang. Berikut beberapa ide untuk membantu anda menuju skill desain grafis kamu meningkat dan membuat karya desain kamu menjadi jauh lebih bagus.

Jika anda berniat menjadi desain grafis, maka anda perlu beberapa bekal. Berikut ini beberapa diantaranya :
1.Bekali Diri Sejak Dini
Desainer grafis sangat membutuhkan keterampilan yang berasal dari berbagai macam ilmu pengetahuan. Semenjak SMA/SMK anda sudah harus bergelut dengan dunia tersebut, jangan biarkan diri anda malas untuk memperkaya wawasan tentang bidang ini, Anda bisa mempelajari sejarah seni, desain visual, dan lainnya.
2.Belilah Buku
Koleksiah buku-buku mengenai desain grafis. Setidaknya dalam 1 bulan, anda dapat membaca satu buku mengenai kreativitas maupun teknis dalam desain grafis.
3.Baca Blog Mengenai Desain dan Buatlah Blog Desain
Cobalah untuk belajar dari orang lain. Untuk menjadi desiner grafis yang baik, alangkah baiknya untuk anda belajar dari orang lain. Sesekali bukalah blog mengenai desain, Karena pada zaman sekarang, WEB adalah salahsatu sumber informasi. Setelah anda membaca blog desain orang lain, sekarang anda membuat blog desain anda sendiri dan sesuka hati anda. Itu dapat membuat anda lebih analitis dalam pekerjaan anda sendiri
4.Bergabunglah di Komunitas Desain
Sebagai desainer grafis, tidak salah bergabung di komunitas desain karena memang suatu keharusan. Terutama di desain visual di dunia periklanan dan media tentunya berubah dengan cepat. Sangat penting untuk mengikuti trend an juga perkembangan dalam industri apabila anda ingin memiliki karir yang panjang dan sukses dalam bidang desain grafis. 
5.Menetapkan Dasar Keterampilan yang Seluas-luasnya
Setiap proyek menuntut desainer grafis dengan berbagai variasi dan keterampilan. Namun cara terbaik agar anda selalu dibutuhkan dalam proyek tersebut adalah menjadi orang yang terampil dalam berbagai bidang. Sewaktu kuliah, jangan lupa untuk mengisi waktu luang dengan mengikuti berbagai kursus dalam dunia desain, seperti photoshop, desain web, desain produksi, iklan dan tipografi untuk memperluas keterampilan Anda.
6.Pelajari Sesuatu yang Baru
Menjadi desainer grafis yang baik memang tidak mudah. Tetapi dengan mempelajari sesuatu yang baru, tanpa anda sadari anda akan terus meningkatkan kemampuan anda.
7.Ambilah Buku Sketsa
Buku sketsa akan membantu Anda bekerja melalui ide-ide dengan cepat dan tanpa keterbatasan software desain. Dan tentunya, dengan buku sketsa Anda dapat menggambarkan ide Anda dimanapun Anda berada.

Inilah tips bagi pemula yang akan menjadi desainer-desainer grafis, semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba ya…


arief-arsitek


Tautan media yang lain