home

8 Profesi yang akan bersaing ketat dalam MEA ( Masyarakat Ekonomi ASEAN)


Tahun 2016 adalah tahun dimana persaingan ketat dalam pasar ekonomi terutama di level Internasional sendiri. Selain itu pernahkah anda tahu tentang era MEA atau bisa disebut dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Yang di maksud MEA disini adalah pasar tunggal yang membuat satu Negara bisa menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh ASEAN. MEA ini tidak cuma untuk membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional. Kedepannya, MEA akan membuat peluang tenaga kerja asing yang bisa mengisi berbagai jabatan serta profesi di Indonesia. 

Selain itu MEA juga mempunyai dampak untuk kita sendiri diantaranya adalah Kita harus bisa bersaing dengan tenaga asing dari sesama Negara Se-Asia Tenggara yang memiliki skills dan kemampuan seperti kita dan bahkan lebih. Jadi, kalau kita tidak mampu atau kalah bersaing, bersiaplah untuk tergusur dari persaingan. Oleh karena itu mulai dari sekarang ayo kita asah kemampuan kita dari sekarang dan mempersiapkan diri untuk menghadapi semua persaingan di medan perang. Ada beberapa profesi yang akan bersaing di era MEA diantaranya : 

1.Insinyur
 
Insinyur adalah salah satu profesi yang akan bersaing di era MEA. Ini berlaku untuk semua Insinyur, untuk di Indonesia sendiri yang memakai gelar ST atau sarjana teknik. Para insinyur bergabung dalam organisasi profesi yang disebut Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Saat ini ada 14 jenis profesi insinyur di Indonesia, mulai dari insinyur mesin, geodesi, teknik fisika, teknik sipil, dan teknik kimia.

2.Arsitek

Arsitek adalah mereka yang ahli dalam hal bidang menggambar bangunan dan merancang bangunan. DI karenakan ada beberapa faktor seperti Luasnya lahan kerja seorang arsitek, karena menyangkup banyak bidang seperti interior, lingkup bangunan, lingkup kompleks bangunan, sampai kota dan regional, hal ini membuat profesi ini akan mengalami persaingan yang sangat ketat di dalam era MEA.

3.Dokter Gigi

Ternyata profesi dokter gigi di Indonesia masih sangat minim jumlahnya di Indonesia, maka dari itu peluang untuk profesi dokter gigi sangatlah besar di pasar yang nantinya akan datang dari Negara – Negara ASEAN. Buat yang tertarik dengan profesi menjadi dokter gigi, inilah kesempatannya untuk mulai belajar dan terus belajar sampai berkembang dan nantinya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan tenaga dokter gigi, sekaligus bersaing dengan tenaga dokter gigi asing.

4.Tenaga Pariwisata

Profesi ini banyak dibutuhkan terutama untuk mempromosikan objek pariwisata. Kusunya di Indonesia yang saat ini menjadi destinasi atau tujuan wisata favorit di ASEAN bahkan mendunia, menjadikan tenaga kerja pariwisata sangatlah dibutuhkan. Selain itu dibutuhkan juga kemampuan berbahasa maupun keahlian untuk menguasai objek wisata adalah beberapa kualitas yang harus dimiliki oleh tenaga kerja pariwisata.

5.Tenaga Survei

Tenaga survei yang dimaksud di sini adalah mereka yang ahli dalam bidang pengukuran bumi, dalam hal ini pengukuran tanah ataupun darat. Tenaga atau profesi ahli ini berasal dari universitas yang mengajarkan ilmu bumi, seperti Teknik Geodesi dan Geomatika. Sampai saat inipun kebutuhan ahli survei sangat di butuhkan sekali oleh perusahaan perusahaan minyak dan pertambangan sendiri yang akan beroperasikan di ASEAN. Jadi ini adalah kesempatan besar untuk mlai mempelajari dan mempersiapkan diri menuju persaingan.

6.Tenaga Medis

Dengan adanya tenaga Medis dalam MEA nanti, besar kemungkinan anda akan menemukan banyak tenaga medis asing di rumah sakit nantinya. Jadi, untuk tetap bisa dapat bersaing dengan tenaga - tenaga medis dari negara lain, langakah utama yang harus di lakuakan adalah program sertifikasi harus terus ditingkatkan.

7.Perawat

tenaga medis tidak akan mampu bekerja sendirian tanpa adanya perawat. Perawat memiliki ruang lingkup kerja yang lebih cukup luas, yaitu tidak hanya di dalam negerinya sendiri, tetapi juga di seluruh ASEAN. Jadi untuk anda yang sudah menjadi perawat untuk terus meningkatkan kemampuan dan terus belajar, dan untuk anda yang ingin menjadi perawat untuk terus belajar dan mencari banyak pengalaman untuk berkembang. Guna itu semua untuk mempersiapkan diri dalam persaingan di era MEA nantinya.

8.Akuntan

Akuntan adalah mereka yang ahli di bidang akuntansi. Profesi akuntanpun dibedakan atas beberapa macam, di antaranya adalah akuntan publik, akuntan intern, akuntan pemerintah, dan akuntan pendidikan. Selain itu tugas akuntan juga berbeda – beda contohnya sendiri ada yang akuntansi keuangan (financial), akutansi biaya (cost), bahkan akuntasi pajak (tax). Dan Mereka yang ahli di bidang akuntasi, baik itu akuntan publik, akuntan intern, akuntan pemerintahan, dan akuntan pendidikan, bersiaplah untuk menghadapi tantangan lebih karena harus bersaing dengan tenaga-tenaga dari Negara - Negara luar. Jadi ayo terus berkembang dan belajar lagi untuk bisa bertahan dalam persaingan. 


arief-arsitek


Tautan media yang lain