home

Apa Sih Yang Menjadi Daya Tarik Kota Malang Itu ?


Memiliki penduduk yang sangat padat karena dipenuhi oleh orang orang yang menuntut ilmu, ya itulah kota Malang. Sebuah kota yang mampu menampung ribuan mahasiswa baru setiap tahunnya ini memiliki banyak daya tarik dari segi arsitektural. Terbilang kota Malang memiliki selera sendiri dalam mengecap arsitekturalnya. Memiliki selera yang jadul dengan tetap mempertahankan bangunan-bangunan bersejarah merupakan salah satu dari ciri-ciri dari kota Malang. 
 
Khas ini hadir bukan karena rasa cinta kota Malang terhadap bangunan yang dirancang oleh belanda, melainkan ingin memiliki tanda pengingat terhadap pahlawan-pahlawan yang telah mempertahankan kota Malang dari penjajah, bisa dibilang bernostalgia dengan bangunan-bangunan tersebut. 
 
Ada beberapa lokasi yang menjadi tempat favorit dikota Malang yaitu jalan Ijen, lokasi yang memiliki Garis Sempadan Bangunan (GSB) yang baik,memiliki halaman rumah yang luas, serta taman ditengah jalan yang menjadi daya tarik tersendiri oleh kerindangannya. Dihiasi dengan pepohonan disamping jalan, membuat jalan ini dijadikan sebagai sarana olahraga setiap minggu pagi atau bisa disebut car free day. 
 
Lokasi menarik yang kedua adalah alun-alun tugu yang terletak didepan kantor wali kota Malang dan kantor DPRD Malang. Alun-alun ini berbentuk bundar sesuai arah arus jalan raya yang juga sebagai persimpangan jalan. Alun-alun ini memiliki sedikit kelemahan dalam akses menuju tapak tersebut, karena dikelilingi oleh jalan raya dimana arus jalan raya tersebut sulit untuk berhenti karena kendaraan masuk  dari berbagai arah jalan sehingga alun-alun tugu tidak banyak memihak pejalan kaki. 
 
Elemen kota lainnya yang banyak dikunjungi adalah pasar besar kota Malang. Pasar ini juga merupakan icon bagi kota Malang bukan karena tampilan arsitektural atau fasadnya yang bagus melainkan dimana pasar ini memberikan banyak lapangan kerja bagi masyarakat Malang. Setiap malam pasar besar selalu tutup operasi dan banyak digunakan oleh para pedagang kaki lima untuk berjualan disamping jalan, tentu hal ini akan sangat membantu perekonomian masyarakat menengah kebawah. 
 
Terdapat pula pasar splendid yang terletak disebrang jalan setelah alun-alun tugu. Pasar ini merupakan pasar tempat berkumpulnya para pemelihara binatang dan tumbuhan seperti burung,ikan,bunga-bungaan serta tanaman hias lainnya. Pasar ini memiliki pengunjung sangat banyak karena kondisi hewan dan tumbuhannya yang sehat dan ramah perawatannya juga lokasi pasar yang sejuk dengan pepohonan peneduh membuat habitat dipasar tersebut menjadi baik. 
 
Memiliki suasana yang sejuk karena terletak didataran tinggi menjadikan kota Malang disukai oleh banyak kalangan. Mulai dari mahasiswa, wisatawan yang ingin berkunjung, hingga kalangan yang menetap di kota Malang. Faktor yang banyak menyebabkan banyak orang yang menetap di kota ini diantaranya karena kota malang memiliki daya tarik tinggi terhadap investor,selain itu ada banyak ragam budaya yang banyak dituangkan di kota ini, salah satunya yaitu seni rupa toeng Malang yang sampai saat ini masih banyak diminati masyarakat.
 
 
Achmad rizal / Ir. Arief Rakhman Setiono, MT.


arief-arsitek


Tautan media yang lain