home

Berwisata Ke Pantai Sipelot Malang


Pantai Sipelot merupakan satu dari sekian banyak pantai di pesisir selatan pulau Jawa yang terletak di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Bagi Anda yang menyukai petualangan dan selalu ingin menemukan sesuatu yang baru, maka Anda harus memasukkan pantai Sipelot ke dalam rencana perjalanan wisata Anda karena kondisi pantai Sipelot ini masih sangat natural dan belum banyak yang tahu keberadaan pantai ini sehingga masih jarang wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini. Banyak para pengunjung yang memilih untuk bermalam dengan mendirikan tenda di tepi pantai agar bisa menikmati api unggun di tengah indahnya suasana malam pantai Sipelot.

Panorama pantai Sipelot pun tidak kalah indahnya dengan pantai lain di Malang. Hamparan pasir putihnya yang luas, deburan ombak yang cukup deras, dikelilingi barisan perbukitan di sisi barat dan timur, ditambah dengan bebatuan dan karang yang terhampar di sepanjang garis pantai Sipelot tentu akan membuat perjalanan wisata Anda ke pantai Sipelot ini semakin berkesan. Selain itu, Anda juga dapat menikmati indahnya air terjun atau Coban Sipelot yang turun dari bukit di sebelah barat pantai.
Pantai Sipelot membentang dari kanan ke kiri dengan panjang 2 km dan area ini terbagi menjadi 3 bagian. Untuk tempat wisata biasanya disebalah kanan dan kiri, sedangkan di bagian tengah diisi oleh jejeran perahu nelayan yang sedang berlabuh.

Deburan ombak yang datang silih berganti tentunya akan memanjakan mata yang memandang, terkadang deburannya sangatlah ganas namun terkadang biasa-biasa saja. Ini disebabkan letak pantai sipelot berada di sebuah teluk yang dan di kanan kirinya merupakan cerukan dataran yang bisa melindungi dari ganasnya terjangan ombak pantai selatan. Tapi untuk keamanan hindari mandi di lautan lepas karena ditakutkan adanya ombak ganas yang datang secara tiba-tiba. Di bagian ujung timur pantai terdapat air payau yang berwarna kehijauan.

Akses menuju Pantai Sipelot Malang, anda bisa menuju daerah Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Dampit, dengan akses jalan sudah beraspal. Kalian bisa menggunakan mobil atau motor pribadi untuk menempuh jalan berkelok-kelok, namun tetap berhati-hati, karena jalannya lumayan curam. Rute yang cukup menantang, tapi akan mendapatkan kepuasan sendiri  melewatinya. Menurut sejarah, disini memang merupakan tempat persinggahan, sehingga sampai sekarang juga menjadi tempat yang cukup ramai di Pantai Selatan Malang.

Selain suasana pantai, anda juga bisa melihat objek wisata lain didekat tempat ini, yaitu berupa air terjun, lebih dikenal dengan coban Sipelot. Dengan ketinggian sekitar 10 meter, air terjun ini bisa menjadi pelengkap suasana di pantai sipelot ini. Disini anda juga bisa menikmati suasana berkemah, bermalam dengan keadaan alam natural. Ditambah lagi dengan Sunrise serta sunrise, maka semakin lengkaplah keindahan Pantai Sipelot Malang.

Bima Wahyu
malangcorner


arief-arsitek


Tautan media yang lain