home

Cermat Memilih Material Tangga


Seiring dengan perubahan rupa tangga dari jaman ke jaman , pemilihan material ikut berkembang menyesuaikan desainnya. Selain aspek fungsional , tangga harus memenuhi kesan estetik , agar tampak cantik dan meningkatkan kualitas interior. Dengan itu , beragam material digunakan untuk menciptakan suasana yang diinginkan. Berikut ini ada beberapa model tangga popular yang banyak ditemukan dirumah : 

1.Klasik mediterania 
Meski tangga jenis ini tergolong kuno, namun hingga saat ini masih banyak diminati. Biasa kita temui di rumah-rumah bergaya klasik mediterania, kelebihan tangga jenis ini terlihan megah dan anggun di dalam ruangan. Model tangga yang anggun bisa dijadikan ornament yang menarik perhatian bagi orang yang melihat tangga jenis ini , kekurangannya , tangga jenis ini tidak cocok di aplikasikan di rumah minimalis karena oranamennya akan membuat ruangan berkesan sempit.tangga jenis ini biasanya menggunakan bahan : 

-Railing  : kayu, besi tempa
-Baluster : besi tempa 
-Lantai : keramik, parket , marmer.

2.Country 
Jika berada di daerah pegunungan atau vila tangga jenis ini bisa kita temui , tangga bergaya country umunya menggunakan material kayu solid yanguratnya terlihat. Kelebihan tangga jenis ini dapat menciptakan kesan hangat dan akrab sehingga banyak orang tertarik menggunakan tangga ini. Kekurangannya, tangga ini tidak cocok di tempat yang lembap dan rawan rayap. Bahan yang digunakan adalah :

-Railing : kayu solid, besi
-Baluster : kayu solid , besi
-Lantai : kayu solid , keramik di atas beton.

3.Modern 
Tangga jenis ini yang kini semakin sering digunakan di rumah – rumah dengan lahan sempit. Sehingga desainnya pun simple dan ringan. Kelebihannya , tangga modern Nampak simple tanpa kehilangan sifat kokohnya. Kekurangannnya , jika tidak didandani , tangga ini akan Nampak sepi dan polos sehingga kurang memiliki kekhasan tersendiri. Bahan yang digunakan untuk tangga jenis ini adalah:

-Railing : kayu, besi, aluminium
-Baluster : besi , aluminium , kaca
-Lantai : keramik, parket , kayu , metal , kaca

sumber : majalah serial rumah : Tangga

Dinda A. Ramadhani 
PT. Arief Arsitek
Greenwood Golf III / 40 Malang
0341-6102999 / 9795999
www.arief-arsitek.com
malang.corner@outlook.com
dindawalia@gmail.com 


arief-arsitek


Tautan media yang lain