home

Dampak Sinar Ultraviolet Bagi Kehidupan Di Bumi


Sinar ultraviolet atau yang sering di sebut dengan Sinar UV adalah salah satu bentuk sinar tidak tampak yang dihasilkan oleh paparan sinar matahari. Sinar UV sendiri sebenarnya paparan sinar yang berasal dari matahari yang menembus atmosfer, dan masuk ke bumi. Walaupun tidak dapat terlihat, namun sinar UV ini dapat dirasakan oleh tubuh kita. Jenis Sinar UV sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

a.Sinar UV-A
Sinar UV – A merupakan salah satu jenis sinar UV yang ternyata paling banyak menimbulkan radiasi. Sinar ini merupakan komponen terbanyak sinar matahari yang masuk ke bumi, karena mudah menembus lapisan ozon. Terbukti 95 % dari radiasi sinar ultraviolet yang masuk ke dalam atmosfer bumi merupakan jenis sinar UV – A. Penelitian sudah menunjukkan bahwa sinar UV – A memiliki kans yang besar sebagai penyumbang utama dari kerusakan kulit. Hal ini disebabkan karena radiasi dari sinar UV – A dapat menembus ke dalam lapisan kulit, yaitu lapisan dermis, dan berpotensi merusak sel di dalamnya.

b.Sinar UV-B
Sinar ini juga berbahaya, sebab timbulnya melanoma (kanker kulit paling ganas) dianggap terjadi akibat paparan hebat UVB di bawah usia 20 tahun. Sebagian besar sinar ini diserap lapisan ozon. Tidak seperti sinar UVA, kekuatan sinar UVB tidak terpancar sepanjang waktu. Matahari aktif memancarkan sinar UVB biasanya biasanya pada bulan-bulan musim panas, selain itu sinar UVB juga bisa dipantulkan di salju dan air. Sinar UVB menjadi penyebab utama kanker kulit, tetapi dalam kenyataannya sinar UVA lah yang banyak disalahkan sebagai pemicu timbulnya kanker kulit pada manusia.

c.Sinar UV-C
Sinar UVC adalah sinar UV yang paling berbahaya dan menyebabkan kerusakan terbanyak. Namun untungnya, sinar ini terserap di lapisan ozon atmosfer,jadi bisa diartikan kita bisa keluar bebas karena bumi masih memiliki lapisan ozon.Tapi lapisan ozon sendiri lama - kelamaan bisa menipis dan rusak karena ulah dari manusia sendiri. Dengan meluasnya kerusakan lapisan ozon karena pelepasan bahan kimia tertentu ke lingkungan seperti freon AC,banyaknya kaca yang terpasang di gedung - gedung tinggi(menyebabkan pemanasan global) dan lain - lain, dikhawatirkan akan banyak UV-C yang akan lolos ke bumi dan menimbulkan berbagai dampak merugikan pada kelangsungan hidup manusia.

Tapi dari itu semua ada beberapa manfaat yang di peroleh dari sinar UV sendiri, diantaranya adalah: 

1.Membantu Pengobatan Penyakit dalam ilmu kedokteran
Ada beberapa penyakit yang bisa di bantu dengan sinar UV, diantaranya adalah :
- Psoriasis, yaitu gangguan kronis pada kulit yang menyebabkan kulit bersisik,gatal, kering, muncul bercak merah yang menyakitkan. Peranan dari sinar UV adalah dengan memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit serta mengurangi gejalanya.
- Lupus vulgaris (TBC kulit), yaitu penyakit yang menghasilkan borok besar pada wajah dan leher. Penyakit ini sulit disembuhkan dan sering meninggalkan bekas luka yang sangat menggannggu penampilan. Seorang dokter asal Denmark bernama Neils Finzen mengembangkan sebuah penemuan berupa lampu UVB yang dapat menyembuhkan penyakit ini.
- Vitiligo, yaitu hilangnya pigmentasi kulit yang disebabkan oleh kerusakan sel-sel penghasil pigmen / melanosit. Dalam pengobatannya, pasien diberikan obat yang disebut psoralen untuk membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar UV dan selanjutnya terkena radiasi UV – A.

2.Sumber Alami Vitamin D
Manfaatnya sendiri adalah :
- membantu memperkuat tulang, gigi.
- menurunkan resiko terjangkitnya berbagai jenis penyakit seperti rakhitis (penyakit pelunakan tulang pada anak-anak).
- meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor dari makanan.
- membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
- mencegah kanker usus besar.
- mencegah penyakit kuning.

3.Membantu Proses Deteksi Makanan
Kususnya pada hewan sendiri seperti burung, reptil, dan berbagai jenis serangga, Sinar UV dapat membantu untuk menemukan sumber makanan yang sedang di cari diantaranya seperti buah – buahan yang masak, biji – bijian, dan bunga.

4.Meningkatkan Mood
Sinar UV sendiri juga sudah terbukti bisa meningkatkan mood(suasana hati) seseorang. Karena sinar matahari dapat merangsang langsung kelenjar pineal dalam otak untuk memproduksi bahan kimia tryptamines. 

5.Melindungi Kulit Saat Tersengat Sinar Matahari
Sinar UV dapat merangsang sel yang terletak di lapisan paling bawah stratum basal pada epidermis kulit, lapisan tengah mata, telinga dalam, meninges, tulang dan jantung untuk menghasilkan lebih banyak pigmen melanin. Hal ini nantinya akan berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, seperti terjangkitnya kanker kulit, dan lainnya.

6.Membantu Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan
Dengan adanya sinar ultraviolet dapat membantu tumbuhan berfotosintesis yang akan menghasilkan zat makanan seperti karbohidrat. Proses memasak makanan ini, hanya bisa dilakukan oleh tumbuh–tumbuhan yang mengandung zat hijau daun (klorofil) saja.

7.Membunuh Bakteri dalam air minum
Pada proses penyaringan air atau filtrasi membutuhkan proses yang steril dan higienis untuk menghasilkan air yang murni serta bebas dari kuman penyakit didalamnya. Dalam proses penyaringan ini, peran sinar ultraviolet digunakan untuk membunuh bakteri pada air yang sedang di saring.

Tapi selain itu semua, ada juga efek lain yang ditimbulkan oleh Sinar UV. Kusunya dari ketiga sinar UV diatas tadi UV-A, UV-B dan UV-C sebagai berikut :

1.Kemerahan Pada Kulit
Bahaya yang ditimbulkan adalah memberikan efek pada kulit. Secara umum, sinar ultraviolet, terutama sinar UV – B sendiri dapat menimbulkan gejala kemerahan pada kulit. Hal ini merupakan suatu bentuk iritasi kulit yang terpapar oleh sinar ultraviolet. Biasanya gejala ini juga disertai rasa gatal pada bagian kulit yang memerah.

2.Kulit Terasa Terbakar
Selain mengalami gejala kemerahan pada kulit, sinar ultraviolet juga dapat membuat kulit memilikii gejala seperti terbakar. Hal ini biasanya disebabkan oleh paparan sinar UV – B.

3.Dapat Menimbulkan Eritema tubuh
Eritema adalah kondisi dimana kulit kaki mengalami kemerahan dan bengkak. Hal ini disebabkan oleh paparan sinar UV – B pada tubuh.

4.Menimbulkan Penyakit Katarak
Katarak adalah merupakan kondisi mata yang tertupi atau terhalang oleh selaput – selaput tertentu sehingga membuat penglihatan mata menjadi berkabut dan tidak cukup jelas. Ternyata,selain faktor usisa, paparan sinar UV juga menjadi salah satu pemicu timbulnya katarak.

5.Kanker Kulit
Bahaya sinar UV yang paling dikhawatirkan adalah efeknya terhadap kanker kulit sama halnya seperti akibat jarang mandi. Salah satu yang paling bertanggung jawab terhadap kanker kulit, setidaknya ada beberapa jenis kanker kulit yang menjadi penyebab utamanya adalah sinar UV.

Setidaknya beberapa diatas sudah mewakili beberapa dari akibat yang disebabkan oleh Sinar UV.   


arief-arsitek


Tautan media yang lain