home

Desain Jendela yang Tepat di Tempat yang Tepat


Ukuran , bentuk , dan penempatan yang tepat menjadikan jendela berfungsi lebih maksimal. Material yang awet memperingan perawatan.
Jendela dibuat sebaiknya didesain untuk tujuan yang spesifik. Agar tidak ada jendela yang tidak efektif , atau malah mengganggu privasi anda dan keluarga, dibawah ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merancang jendela di rumah :

•Orientasi dan Ukuran
 
Hal pertama yang perlu anda pertimbangkan adalah cahaya matahari yang masuk melalui jendela. Cahaya ini dapat dimaksimalkan melalui beberapa pengaturan , seperti orientasi jendela. Jendela bagian barat dan timur rumah perlu diperhatikan ketinggiannya, agar sudut cahaya matahari yang tajam di pagi atau sore hari tidak mengganggu. Maka dari itu , sebaiknya jendela diletakkan di tempat yang tinggi. Rata-rata rumah di Indonesia , luas jendela sebaiknya memenuhi 15%-20% dari luas rumah atau ruangan.

•Jumlah dan Bentuk

Untuk mendapatkan cahaya yang dinamis anda bisa memasang jendelah yang terpisah karena satu jendela yang besar akan menghasilkan sinar yang rata di suatu ruangan. Salah satu alternatif nya adlah dengan membagi jendela besar menjadi beberapa bagian vertical atau horizontal. Bayangan yang dihasilkan akan menjadi dramatis dan tidak membosankan.

•Sinar yang Dipantulkan

Perancagan jendela tidak lepas dari warna interior ruangan. Ruang dengan warna cerah akan memantukan sinar lebih daripada ruang dengan warna gelap. Bahan-bahan seperti lantai kayu atau dinding batu alam akan memantulkan cahaya lembut dan menimbulkan suasana yang nyaman.

•Pembentuk Pemandangan
 
Letak jendela disuatu ruangan dipengaruhi juga oleh furniture, tingkat privasi , serta pemandangan diluar jendela. Jika memng memungkinkan dan aman dari lalu lalang orang luar , anda dapat membuat jendela yang lebar menuju pemandangan yang lebih lebar diluar. Sedikit sasaran, jendela yang besar dapat dipisah memnjadi beberapa bagian agar lebih dramatis. Pembagian secara vertical akan terlihat lebih baik daripada pembagian secara horizontal.

•Manfaatkan Angin

Jendela merupakan sarana agar rumah anda mendapatkan udara segar yang cukup setiap hari. Tempatkan jendela anda sebagai lubang ventilasi di tempat yang agak tinggi , lalu disisi yang berlawanan tempatkan juga jendela yang dapat dibuka ditempat yang lebih rendah. Udara akan terus berotasi di rumah anda , sehingga udara yang anda hirup akan terasa lebih segar.

Sumber : majalah IDEA : ragam aplikasi jendela

Dinda A. Ramadhani
PT. Arief Arsitek
Greenwood Golf III / 40 Malang
0341-6102999 / 9795999
www.arief-arsitek.com
malang.corner@outlook.com
dindawalia@gmail.com


arief-arsitek


Tautan media yang lain