home

Desain Masjid Agung Baitul Makmur


Masjid Termegah di Pantai Barat Aceh

   Masjid Agung Baitul Makmur merupakan salah satu masjid yang terbesar dan termegah di wilayah Pantai Barat Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Lokasi Masjid Agung Baitul Makmur yaitu di Jl. Imam Bonjol No.100 Meulaboh. Luas tanah yaitu sekitar: 6 ha, luas bangunan: 3.500 m2, luas area parkir: 1,5 ha, dan untuk daya tampung jamaah: 7.000 orang. Untuk peletakan batu pertama Masjid Agung Baitul Makmur pada tanggal 2 April 1987, dan peresmian penggunaan 1 Juni 1999. Letak Masjid ini sangat strategis karena berada di persimpangan yang membelah beberapa kabupaten.

    Bagian timur masjid terletak dipersimpangan Kabupaten Nagan Raya dan Aceh Barat Daya, masing – masing menuju Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Aceh Selatan atau Singkil. Di sebelah barat terdapat persimpangan Aceh Jaya menuju Banda Aceh, sementara di bagian selatan diapit Lautan Hindia dengan pelabuhan kota Meulaboh menuju Kabupaten Simeulu.

Ciri khas dari masjid ini tampak sangat menonjol dengan gaya arsitektur perpaduan Timur Tengah, Asia, dan Aceh serta pemilihan warna cokelat cerah yang dikombinasikan dengan warna merah bata di kubah masjid. Selanjutnya yang dapat kita dilihat secara kasatmata adalah tiga kubah utama yang diapit dua kubah menara air berukuran lebih kecil, dua menara tersebut akan membuat masjid terlihat semakin megah dan dapat berfungsi sebagai landmark wilayah setempat. Untuk ketinggian menara: 43m, Kubah: Garis tengah 17m, dan Bedug: Berukuran 1,5 x 3m.

    Pintu gerbang masjid pun merupakan keistimewaan tersendiri berjumlah 3 buah pintu gerbang. Gerbang yang berdiri sendiri dengan jarak beberapa meter dari masjid ini terlihat sangat anggun. Gerbang ini seakan-akan menegaskan bahwa siapa pun yang memasuki gerbang akan menjumpai pemandangan yang sangat indah.


arief-arsitek


Tautan media yang lain