home

Desain Rumah Minimalis Modern yang Dibangun Pada Lahan Yang Terbatas


Boleh dibilang desain arsitektur rumah minimalis modern adalah solusi paling tepat ketika seseorang ingin membangun rumah namun terbentur keterbatasan lahan dan dana. Karena bangunan yang tidak terlalu luas dan dana yang digelontorkan tidak begitu besar, otomatis rumah minimalis modelnya cenderung lebih simple. Konsep dasar rumah minimalis memang lebih memprioritaskan ruang secara fungsional, bukan mengdepankan sisi dekoratif-nya.

Setiap desain rumah memiliki cirinya masing-masing. Setiap model rumah memiliki style tersendiri, tergantung pada trend yang sedang berlangsung. Jika di awal tahun 2000an banyak orang menyukai gaya rumah Mediteranian, maka saat ini trend minimalis modern lah yang menjadi pilihan. Anda tidak lagi perlu merasa ragu membedakan rumah biasa dengan rumah bergaya minimalis modern karena desain denah rumah minimalis modern memiliki ciri yang cukup khas.

 Berikut adalah beberapa ciri-cirinya :

1. Desain denah rumah minimalis modern dibangun pada lahan yang terbatas.
Konsep rumah di lahan terbatas merupakan ciri pertama dari desain rumah minimalis. Konsep minimalis yang diterapkan membuat rumah tersebut tetap nyaman, mewah dan estetis meski lahannya sempit.

2. Ruang-ruang yang terbuka. Desain rumah minimalis modern tetap dapat menampung banyak ruang yang dibutuhkan seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur dan beberapa ruangan utama lainnya. Perbedaannya dengan rumah biasa adalah ukuran ruang pada rumah minimalis lebih kecil dan perbedaan fungsi ruang biasanya ditandai dengan sekat transparan, perubahan pada ketinggian atau pola lantai atau permainan warna cat dinding.

3. Desain pembukaan yang khusus. Konsep rumah yang minimalis dapat dilihat dari bentuk pembukaan (pintu dan jendela) yang simple tanpa banyak detail. Jika pun ada detail pada daun pintu atau jendela, biasanya hanya berupa garis-garis vertical atau horizontal saja. Ukuran pintu dan jendela pun cukup kecil dengan ukuran kaca jendela yang hampir penuh.

4. Pemilihan warna dinding yang dinamis. Pada desain rumah minimalis modern melakukan pemilihan warna yang tepat sangatlah penting. Ini dikarenakan warna sebuah bangunan sangat menunjang keselarasan konsep serta keindahan tampak rumah secara keseluruhan. Rumah yang berkonsep minimalis modern biasanya menggunakan warna-warna dinding yang natural seperti krem, putih atau abu-abu; sedangkan permainan warna justru lebih ditampilkan pada pengisi interior-nya.


arief-arsitek


Tautan media yang lain