home

Fakta unik tentang bayi


Anak yang baru lahir memiliki banyak keunikan yang sangat penting diperhatikan oleh orang tua. Mulai dari bentuk fisik hingga kebiasaan-kebiasaan dan kegemaran yang dimiliki oleh bayi tentunya sangat berbeda dengan anak-anak. Selain itu, bayi juga memiliki kesukaan yang berbeda-beda satu sama lain. Sebenarnya ada banyak fakta-fakta unik lainnya mengenai bayi. Anda tertarik untuk mengetahuinya?? Mari simak beberapa fakta unik tentang bayi :

 

1. Bayi yang baru lahir mengenali ibunya melalui suara yang didengarnya saat dilahirkan, sekitar 14 hari kemudian baru belajar mengenali suara ayahnya.
2. Jika ibu makan ikan selama masa kehamilan, maka otak bayi bisa berkembang lebih baik, begitu juga dengan kemampuan komunikasi dan bahasanya. “Sebuah studi yang dilakukan terhadap 7 ribu ibu menemukan bahwa mereka yang makan ikan sedikitnya seminggu sekali memiliki bayi dengan kemampuan bahasanya lebih tinggi di usia 15 bulan daripada yang tidak makan ikan”.
3. Bayi selalu lahir dengan warna mata biru. Beberapa bulan kemudian baru warna mata mereka berubah dengan sendirinya.
4. Bayi memiliki indra penciuman yang sangat kuat, sehingga bayi mudah mengenali ibunya melalui penciuman sendiri.
5. Bayi yang baru lahir tidak akan memiliki tempurung lutut, bayi akan mengembangkannya pada usia antara enam bulan sampai satu tahun.


6. Bayi baru lahir butuh tidur 17-20 jam perhari dengan periode tidak lebih dari 5 jam, dan tak lebih dari 2 atau 3 jam waktu bangunnya. Bayi yang menyusu dari botol, tidur lebih lama disbanding yang diberi ASI lebih sedikit mendapat susu saat mengonsumsinya, sehingga perlu lebih sering menyusu.  Bayi sering menangis jika menangis sewajarnya bisa jadi bayi hanya haus, mengompol atau tak nyaman. Namun jika si kecil menangis keras terus-menerus selama beberapa jam dan sulit ditenangkan, perlu diwaspadai. Cara mengatasinya adalah bayi disusui, digendong dan diayun lembut agar si kecil merasa tenang. Namun, jika masih menangis terus-terusan maka periksakanlah ke dokter.
7. Bangun tidur, bayi anda sering belekan?? Belek tersebut disebabkan oleh tersumbatnya saluran pembuangan air mata. Belek ini memang kerap terjadi pada bayi baru lahir dan tidak berbahaya. Kemunculannya pun hanya sedikit-sedikit tapi setiap hari. Anda bisa mengatasinya belekan ini dengan pijat agar saluran air matanya perlahan terbuka. Mulailah pijatan dari pangkal hidung kea rah hidung bayi (dari atas ke bawah) dengan perlahan. 

 

Itulah 7 fakta unik tentang bayi, masih banyak lagi gan… Dengan cumin 7 fakta dan unik diatas semoga bermanfaat bagi yang mempunyai bayi atau rekan-rekan anda… 


arief-arsitek


Tautan media yang lain