home

Garuda Wisnu Kencana, Patung Tertinggi Kalahkan Patung Liberty


Pada tahun 2017 mendatang, jika tak ada aral melintang, Indonesia bakal mempunyai patung terbesar di dunia yaitu Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK). Patung ini akan hadir di Bali, tepatnya Jalan Raya Uluwatu, Kawasan Ungasan, Bali Selatan. 

Ini artinya jika Anda berada di Nusa Dua, Kuta, Sanur, atau Tanah Lot sekalipun, Anda dapat melihat patung GWK dari sana. Patung GWK merupakan simbol penyelamatan lingkungan dan dunia. Seperti namanya patung ini merupakan patung dewa Wisnu yang mengendarai Garuda. Dalam kepercayaan umat Hindu, Dewa Wisnu adalah Dewa Pemelihara.

Patung ini berdiri menjulang di dalam kompleks Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana dan merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Rencananya, selain membangun patung, di lantai dasar patung akan ada pedestal dari patung dengan kualifikasi sebagai monumen. 

Gedung tersebut dipakai sebagai tempat menikmati pemandangan Pulau Bali. Disediakan juga museum pembangunan patung yang memakan waktu dua puluh tahun lebih ini.

"Kalau kita bicara pasca dipegang PT Alam Sutra Realty (ASR), kita komit membangun GWK. Buktinya, kita sudah membangun dengan investasi Rp 450 miliar. Dalam pembangunan tersebut, PT GAIN akan membangun sarana prasarana jalan, parkir, gedung dan tentunya membangun GWK baru yang sudah dikonsepkan setinggi 120 meter," jelas Seno, Selasa (1/9/2015) kemarin.

‎‎Monumen ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi ikon bagi pariwisata Bali dan Indonesia. Keren ngak?? Sebagai destinasi Negara kita tercinta “Indonesia”. Patung GWK ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia lohh… 

Patung GWK akan mengikat tata ruang hingga jarak pandang 20 km sehingga dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot. Dari dalam tubuh patung GWK nantinya wisatawan bisa naik hingga setinggi dada menggunakan tangga berjalan. Dari ketinggian di dalam rongga GWK itu wisatawan bisa menikmati keindahan panorama pantai-pantai di Bali, termasuk juga Gunung Agung.

Keberadaaan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana akan menjadi taman wisata sekaligus jendela seni dan budaya negeri ini. Kawasannya secara lengkap berupa kompleks budaya-kesenian, ruang publik, ruang diskursus, dan tentunya tempat wisata seluas 80 hektar. Saat ini Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana mampu menarik kunjungan hingga 3.000 wisatawan setiap harinya. Keberadaan GWK sudah menjadi bagian dari sejarah perjalanan kebudayaan Indonesia dan Bali.

 

 


arief-arsitek


Tautan media yang lain