home

Kajian Tentang Pembangunan Everyday Smart Hotel Di Soekarno-Hatta Malang


Seperti yang telah kita ketahui bahwa pembangunan Everydaysmart Hotel yang terletak di kawasan Soekarna-Hatta, menuai banyak pertanyaan dari siapapun kalangan masyarakat yang melihatnya. Maka pada kajian ini, penulis akan membahas tuntas perkara izin pembangunan dan manfaat dari dibangunnya bangunan Everyday Smart Hotel yang berlokasi di pusat kota Malang di Jl. Soekarno-Hatta no. 2, Malang Center. Penulis berharap semoga apa yang telah penulis coba untuk paparkan menuai hasil yang diinginkan.

Everyday Smart Hotel apabila dilihat langsung oleh kalangan masyarakat melalui tolak ukur strategy dan posisi, memang terlihat seperti memaksakan dan tidak sesuai untuk diadakan pembangunan. Tetapi apabila dirujuk melalui analisis dari arsitek dan peraturan dari pemerintah kota Malang, pembangunan Everyday Smart Hotel ternyata memenuhi izin pembangunannya. Yang pertama syarat dalam mendirikan bangunan adalah memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan) yaitu suatu izin untuk mendirikan, membangun dan mengubah bangunan baik yang belum terbangun maupun sudah terbangun. Dilihat dari jenis tapaknya adalah lahan produktif yang dapat dibangun area terbuka hijau dan ada kawasan untuk peresapan air. Maka pembangunan Everyday Smart Hotel ini juga menyediakan lahan terbuka hijau dan daerah untuk peresapan air pada bagian bangunan yang berbatasan dengan sungai Brantas.  

Dapat diketahui bahwa syarat penting untuk diperhatikan dalam pembangunan Apartemen Everyday Smart adalah Analisisi Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), sebagaimana diwajibkan dalam UU No 32 Tahun 2009, Hal-hal penting baru yang terkait dengan AMDAL yang termuat dalam UU No. 32 Tahun 2009, antara lain: AMDAL dan UKL/UPL merupakan salah satu instrumen pencegahan pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup; Penyusun dokumen AMDAL wajib memiliki sertifikat kompetensi penyusun dokumen AMDAL; Komisi penilai AMDAL Pusat, Propinsi, maupun kabupaten/kota wajib memiliki lisensi AMDAL. Dan pada bangunan Everyday Smart Hotel apabila dilihat dari desainnya sudah menerapkan sebagian prinsip dari AMDAL ini.

Pembangunan menara apartement Everyday Smart jika ditinjau dari perspektif ekonomi dapat berdampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian di Kota Malang. Hal ini dikarenakan dengan adanya pembangunan apartement dapat menambah pendapatan asli daerah (PAD) Kota Malang dari biaya perizinan dan pajak bumi dan bangunan. Investor Everyday Smart Hotel sendiri juga pandai membidik daerah yang strategis untuk berbisnis. Dengan lokasi pembangunan yang sangat mudah dijangkau bagi kalangan Mahasiswa terhadap berbagai Perguruan Tinggi baik yang berkendara maupun yang tidak. Para mahasiswa pun merasa  lebih teringankan bebannya karena adanya tempat tinggal yang sangat dekat dengan lokasi perkuliahan mereka. Di tambah lagi dengan lengkapnya fasilitas-fasilitas penunjang kebutuhan mahasiswa, baik di dalam kawasan hotel (karena di dalam kawasan ini juga menyediakan swalayan dan warung-warung kecil) maupun di sekitar kawasan, dimana sepanjang jalan Soekarno-Hatta itu banyak terdapat toko-toko perlengkapan mahasiswa.

Bangunan Everyday Smart Hotel juga berpengaruh pada kalangan di luar Mahasiswa. Contohnya apabila ada turis domestic maupun dari luar yang berkunjung ke kota Malang dapat menginap pada hotel yang berlokasi strategis ini. Bukan hanya karena tempatnya tetapi hotel ini juga menyediakan fasilitas transportasi berupa taxi. Baik dari dalam, dari luar kawasan pun tepat disebelah tapak hotel terdapat pangkalan ojek yang siap mengantar turis kemana saja.

Mungkin sekian yang dapat saja kaji dari manfaat adanya pembangunan Everyday Smart Hotel di jalan Soekarno Hatta ini. Mudah-mudahan dapat memberi manfaat bagi para pembaca. Wabillahi taufik wal Hidayah. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Muhammad Rizky Syam


arief-arsitek


Tautan media yang lain