home

Kampus Malang dan koridor yang tak terduga


Daerah lingkar brawijaya merupakan kawasan pendidikan yang ada di Kota Malang, kawasan tersebut dihuni 3 kampus negeri jawa timur dan beberapa kampus Swasta. Tentunya sebagai area kampus pasti memuncullkan ekosistem perdagangan dan permukiman. Namun ada yang menarik jika mengamati ruang disekitar lingkungannya, meskipun sama-sama ditempati kampus akan tetapi uniknya ekosistem yang tumbuh memiliki perbedaan disetiap koridornya.

Apabila berada didaerah Kampus UIN Malang suasana kampung kota akan menemani disekitarnya. Berjalan disana maka penjual gorengan, sosis dan jus buah siap menyapa, tak ketinggalan ketika jam 8 tiba, kawanan anak muda bergerombol dengan tas berselempang akan berkeliling akan ditemui, karena tentu saja kewajiban perkuliahan bahasa Arab pada malam hari menjadikan kawasan tersebut seperti kawasan pesatren kota dengan kesahajaannya.

Berbeda lagi jika berada di koridor Universitas Brawijaya, keramaian lalu lintas jalan utama menuju Batu didepannya menjadikan kawasan ini menjadi kawasan perdagangan dengan pertokoan yang cukup besar menjejaki jalan didaerah tersebut seperti melewati kawanan rumah toko, selain itu keberadaan Malang Town Square juga semakin menjadikan kawasan tersebut kawasan perdagangan komersil. 

Yang tak kalah menarik adalah sisi lain dari kampus ITN , terletak di segitiga jalur kampus UIN Malang, UB dan UM menjadikan koridor ini koridor anak muda, dengan kawasan nongkrong gaul serta kios-kios kecil menjalar dari ujung ke ujung, berbagai kafe dapat ditemui, style area ini memang begitu cocok untuk mahasiswa. 

Kawasan tak terduga, kawasan yang cukup menarik untuk dijelajahi. Kawasan yang membentuk ruang arsitektur didalamnya. Sebuah ruang di kota Malang, membentuk citra pendidikan dan menjadikan perkembangan identitas lain disekitarnya. Sebuah ruang arsitektur yang mencuat menjadikan issue tersendiri.

Jelajahi kota Malang maka tak enak rasanya tanpa menikmati udara dan koridor yang tak terduga, entah sekedar untuk refreshing atau memanjaan mata, bisa jadi juga memberikan referensi untuk berkuliah disana, sebuah kota yang indah.

Muhammad Mutammam M. / Ir. Arief Rakhman Setiono, MT.


arief-arsitek


Tautan media yang lain