home

Kanopi Cantik, Kanopi Sehat dan Berestetika


Kanopi merupakan elemen penambah bangunan yang ditempatkan pada atas carport (parkir luar). Saat ini, penerapan kanopi pada bangunan-bangunan rumah tinggal berupa pemasangan bahan yang relatif instan dan cepat seperti penggunaan bahan polikarbonat pada rangka besi hollow, padahal bahan polikarbonat memiliki sifat mudah menyerap panas yang dapat berakibat pada ketidaknyamanan termal manusia maupun ketahanan mesin kendaraan. Pada dasarnya atap kanopi dapat disulap menjadi salah satu bagian estetika dalam rumah tinggal, berikut beberapa alternatif modifikasi kanopi sehat dan cantik yang dipasang pada carport.

Alternatif pertama ialah atap kanopi yang juga dimanfaatkan sebagai  area tanaman merambat. Sebenarnya teknik ini telah banyak digunakan sebagai penghias pagar masuk bangunan namun juga tidak menutup kemungkinan bahwa teknik tanaman merambat melalui rangka juga dapat diaplikasikan pada atap kanopi. Mengingat lebar dan panjang kanopi maka rangka tanaman merambat dapat diperkuat dengan bahan stainless stell  yang dilekatkan pada kolom-kolom bangunan. Selain itu untuk mencegah munculnya ulat-ulat tanaman dapat dikombinasikan dengan pemasangan policarbonat yang berada di bawah tanaman merambat atau bahan kaca untuk menambah estetika di dalam carport.

Alternatif kedua yakni material kanopi dapat diganti dengan material bambu yang dibelah dengan karakteristik bahwa diameter bambu yang digunakan berukuran sedang yakni kurang lebih atau sama dengan 10 cm seperti bambu wulung atau bambu apus. Struktur bambu disusun bertumpukan dengan posisi vertikal dan horisontal yang ditumpu dengan kolom bangunan atau dinding pagar. Pemasangan deretan bambu juga sebaiknya dipasang dengan jarak seminimal mungkin sekitar 10-20 cm, hal ini juga dapat memberikan kesan pembayangan sebagai penambah estetika di dalam carport . Untuk menjaga beban kekuatan tersebut, praktik ini  dapat dimaksimalkan pada lebar carport yang hanya cukup menampung 1 mobil yakni sekitar 3 meter. 

Alternatif ketiga yakni modifikasi kanopi atap polikarbonat yang ditambahkan dengan deretansusunan pot-pot kecil berdiameter kecil sekitar 20 cm di samping carport yang menyangga kolom-kolom bangunan atau dinding pagar. Rangka dapat terbuat dari kayu atau besi  dengan lebar sekitar 20-30 cm dan ketinggian tinggi minimum 1,5 -1,8 meter. Tanaman-tanaman pot yang dapat digunakan antara lain Zebrina, Tillandsia varigata, Peperomia sp, bunga lipstik, lili paris, begonia, Episcia dan Asplenium filipina. Penggunaan tanaman di dekat kendaraan merupakan penerapan penanaman vertikal yang juga berfungsi sebagai penyerap polusi seperti asap kendaraan dan menambah view ‘hijau’ dalam bangunan.

Estetika rumah tidak hanya dipandang pada eksplorasi bangunan maupun material-material fasad yang tidak biasa. Apabila anda dan keluarga menginginkan rumah yang berestetika namun dengan biaya yang terjangkau maka alternatif yang dapat digunakan ialah megeskplor bebarapa bagian rumah saja seperti kanopi karena fungsi kanopi tidak hanya sebagai peneduh carport akan tetapi juga sebagai  entrance /gerbang masuk bangunan, bukan? Selamat mencoba :) 
 
Nurul Amalia, ST.
PT. Arief Arsitek
Greenwood Golf III / 40 Malang 
www.arief-arsitek.com
0341-6102999 / 9795999 
malang.corner@outlook.com
nurulamalia006@gmail.com 


arief-arsitek


Tautan media yang lain