home

Karakteristik Jalan Ijen Malang


Malang adalah salah satu kota yang menjadi tujuan utama mulai dari pendidikan, wisata maupun pekerjaan. Aspek wisata di kota Malang mulai dari alun-alun kota, wisata air, dan traveling. Objek di kota yang menjadi perhatian adalah Jl. Ijen.

Pada saat ini siapa yang tidak tahu dengan jl. Ijen ini yang terkenal dengan tanaman lansekap yang indah serta terdapat hiburan satu minggu satu kali. Kegiatan yang aktif pada hari minggu yaitu car free day (CFD) biasa disebut dengan hari tanpa kendaraan bermotor. 

Pada Jl. Ijen ini terdapat kegiatan pada hari minggu dalam acara CFD mulai dari senam pagi, pameran karya-karya, museum, serta wisata kuliner. Hal tersebutlah yang menarik para konsumen dari dalam mauapun luar kota Malang untuk datang pada acara CFD.

Semua umur bisa datang ke Jl. Ijen untuk menikmati acara-acara yang dibuat oleh panitia CFD. Acara keluarga bisa mengunjungi Museum Brawijaya untuk mengenalkan tentang pengetahuan militer yang pernah berjuang melawan pasukan Belanda pada anak sejak dini.

Di Jl. Ijen ini juga banyak ditemui bangunan yang menjadi bangunan tua bercorak arsitektur dari belanda dengan ciri khas mempunyai atap sangat tajam ke atas dan bentuk bangunan yang mewah. Hal ini bisa digunakan sebagai pembelajaran bagi semua siswa maupun mahasiswa di seluruh Indonesia agar tahu bahwa arsitektur belanda pernah masuk dan mempengaruhi arsitektur di Indonesia.

Pada Jl.ijen ini selain terkenal dengan bangunan tua yang bercorak arsitektur belanda, hal yang perlu diperhatikan adalah lansekap pada Jl. Ijen. Tanaman yang tumbuh di Jl. Ijen sangat berkarakter sehingga digunakan sebagai penanda/penunjuk arah kepada warga masyarakat jika ingin datang ke Jl. Ijen.

Tanaman lansekap yang banyak tumbuh di Jl. Ijen beranekaragam mulai dari pohon palem, pohon cemara dll. Sehingga tanaman ini sangat berguna sebagai tempat berteduh dan penunjuk jalan.

Trio Teja Saputra / Ir. Arief Rakhman Setiono, MT.


arief-arsitek


Tautan media yang lain