home

Kebiasaan sepele yang bisa merusak mata


Tahukah anda bahwa ada beberapa kebiasaan sehari – hari yang rutin anda lakukan, namun sebenarnya sangat membahayakan dan bisa merusak mata?. Mata adalah jendela dunia, semua keindahan visual yang kita rasakan bersumber dari mata. Jangan biarkan mata menjadi rusak karena kebiasaan spele yang sering anda lakukan setiap hari. Jika anda ingin menjaga mata dan penglihatan tetap sehat, maka hindarilah (paling tidak kurangi) kebiasaan - kebiasaan berikut ini:

1.Merokok


Ini sudah jelas adalah salah satu penyebab yang sering kita ketahui bahwa, kita sadar bahwa rokok tidak ada sama sekali manfaatnya bagi tubuh malahan sebaliknya rokok memberikan penyakitnya ke tubuh kita agar tubuh kita tidak seimbang dan dampak kelanjutannya tubuh akan tejangkit penyakit. Ada banyak bahan kimia di dalam rokok yang dapat merusak bagian sensitif pada retina mata, Salah satunya adalah makula.

2.Kurang Tidur


kurang tidur diketahui dapat menyebabkan mata bengkak dan muncul lingkaran mata gelap (mata panda). Kurang tidur tidur tidak hanya merusak mata saja, namun juga berdampak pada kesehatan tubuh lainnya sperti jantung, miningitis, kanker otak dan beberapa penyakit mematikan lainnya. Pada saat tidur, mata akan istirahat dan melakukan regenerasi. Memiliki waktu tidur yang sedikit dapat menyebabkan mata kering dan keretrakan pembuluh kapiler di mata.

3.Membaca sambil Tidur


Nah, yang punya kebiasaan membaca sambil tidur, sepertinya harus meninggalkan kebiasaan ini. Kalian tahu mengapa ? Karena sebaiknya membaca itu berjarak 30cm dari objeknya. Mata kita tidak bisa dipaksa untuk focus membaca pada jarak kurang dari 30cm. hal tersebut akan membuat mata menjadi cepat lelah yang mengakibatkan besarnya potensi mata terkena rabun.

4.Penggunaan Soflen


Sekaraang ini memang lagi banyak- banyaknya yang menggunakan softlens. Entah memang untuk membantu mata dalam hal penglihatan, ada juga yang menggunakannya hanya untuk mepercantik diri. Dalam penggunaan softlens ini baiknya perlu perawatan yang sangat intensif. Berhubung yang dikenakan softlens adalah bagian tubuh yang sangat sensitive (mata).

Hal ini sangat dimaklumi karena lebih praktisnya penggunaan softlens dibandingkan kacamata. Tetapi dari segi safety, kacamata tetap jalan yang paling aman membantu penglihatan anda jika anda memiliki masalah dengan indra penglihatan anda. Penggunaan softlens sebenarnya tidak berbahaya bila kita mengerti bagaimana cara merawatnya. Jika kita dapat menjaga kebersihannya, sehingga mata terhindar dari iritasi yang dapat mengakibatkan mata merah. Dan bila hal tersebut dibiarkan saja, perlahan akan benar-benar merusak mata anda.

5.Menonton TV Sambil Tiduran


Mungkin sewaktu anda kecil ibu anda pernah memarahi anda, karena menonton tv sembari tiduran, jika hal tersebut anda biarkan, bisa jadi pada saat anda besar mata anda akan terganggu Selain posisi yang tidak bagus pada mata pada saat menonton tv ditambah lagi jika anda menontonnya terlalu dekat sinar dari tv bisa merusak retina di dalam mata kita, oleh karena itu jika anda ingin menonoton tv ada baiknya jaga jarak mata dengan layar tv dan usahakan di dalam ruang anda cerah dan hindari ruang gelap pada saat menonton tv.

6.Membaca Dengan Penerangan Yang Kurang


Kebiasaan kita ini, membaca dikamar dengan lampu yang sedikit gelap atau bahkan dengan lampu yang gelap. Hal ini memaksa mata untuk berakomodasi maksimum. Sedangkan akomodasi pada mata itu sendiri yang berarti kemampuan lensa mata untuk menebal dan menipis sesuai dengan keadaan rangsang dari luar. Nah dengan berakomodasi maksimum mata menjadi cepat lelah karena mata berusaha menangkap bayangan yang diterima. Hal ini dapat membuat mata jadi rabun jauh loh teman.

7.Kurang Berkedip Saat Berada di Depan Layar Komputer


Berkedip terlalu sedikit saat berada di depan layar monitor komputer dapat menyebabkan iritasi seperti kesemutan dan gatal – gatal pada mata. Jika anda merasakan gejala – gejala tersebut saat berhadapan dengan layar komputer, maka pakailah obat tetes mata untuk melindungi dan melembabkan kembali mata.
Berikut adalah tips bagaimana cara menjaga kesehatan mata :

1.Makanan yang mengandung vitamin A sudah pasti bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Seperti papaya, wortel, adalah contoh dari jenis makanan yang mengandung banyak vitamin A.

2.Istirahat yang cukup, sehingga mata juga dapat beristirahat untuk melanjutkan aktifitasnya esok hari.

3.Bagi yang suka membaca buku buat jarak yang ideal untuk jarak pandang mata terhadap buku. Dan jangan lupa, harus disertai dengan penerangan yang cukup agar menghindari kerusakan seperti yang telah dijelaskan diatas.

4.Menjaga mata dari penggunaan computer yang berlebihan. Misalnya dalam 2 jam menggunakan computer, beristirahatlah sejenak. Bagi anda yang sehari-hari bekerja nonstop di depan computer aturlah sedemikian layar monitor agar tidak dapat menyiksa mata anda, sehingga mengurangi resiko dampak dari kerusakan mata.

Nah itulah sebab – sebab kebiasaan sepele yang bisa merusak mata kita, dan tips cara menjaga kesehatan mata kita. Terimakasih sebelumnya telah membaca blog ini, kurang lebihnya mohon maaf dan jangan lupa menjaga anggota tubuh kita yaa…


arief-arsitek


Tautan media yang lain