home

Kerajinan Tikar Mendong


Kerajinan Mendong banyak ditemukan di Kecamatan Wajak. Mendong yang juga nama latinnya adalah Fimbristylis Globulosa adalah salah satu tumbuhan yang hidup dirawa tanaman ini tumbuh di daerah yang berlumpur dan memiliki air yang cukup, masih dalam kategori jenis tanaman rumput dan tumbuh dengan panjang kurang lebih 100cm.

Produk yang dihasilkan dari Kerajinan Mendong ini antara lain pembuatan bahan dasar topi, tikar, tas dan lain lain sesuai dengan permintaan pesanan konsumen. Produk kerajinan anyaman Mendong telah ditetapkan sebagai komoditas khas Kecamatan Wajak.

Tikar mendong jenis lipat dan pasaran Dukuh Bebekan Desa Blayu memang tergolong khas dengan warnanya yang selalu mengandung warna merah, hijau dan ungu. Barang diproduksi dengan cara tenun tradisional, untuk memenuhi pesanan yang melebihi ukuran lebar 35 cm mengalami kesulitan dikarenakan terbentur kemampuan peralatan tenun dan mesin jahitnya. Jadi, bila demikian pesanan yang lebarnya melebihi 35 cm, mereka jadikan dalam jenis lipat kendati demikian mereka hanya mampu memproduksi maksimal ukuran lebarnya hanya sebatas 90 cm, sementara untuk ukuran panjang tidak mengalami kesulitan meski mencapai 10 meter.

Kualitas tikar mendong Dukuh Bebekan Desa Blayu sesungguhnya masih bisa ditingkatkan, mereka perlu memperoleh binaan dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan. Pembaruan demi pembaruan tampaknya perlu dicermati para perajin yang sudah turun-temurun serta langkah-langkah inovatif sudah saatnya membekali para perajin, sebelum nantinya muncul pesaing dari daerah lain yang paham dengan tuntutan dan kondisi zaman.


arief-arsitek


Tautan media yang lain