home

Kesalahan Yang sering Muncul Ketika Memulai Sebuah Usaha


Apapun model sebuah usaha yang sedang di kerjakan oleh seorang pebisnis, pasti dia pernah melakukan sebuah kesalahan baik itu saat awal memulai sebuah usaha ataupun saat usaha itu berjalan. Bahkan pebisnis yang sukses pun pernah melakukan sebuah kesalahan, karena semua itu adalah proses belajar untuk seorang pengusaha. Seorang pengusaha yang bisa belajar dari sebuah kesalahan, mereka itu yang nantinya akan menjadi sukses. Walaupun ada yang sadar akan poin itu tapi masih banyak pula pebisnis yang belum sadar akan hal tersebut. 
Di bawah ini ada beberapa yang mungkin menjadi kesalahan seorang pengusaha, di antara lain :

1.Kesulitan dalam bermodal

Modal adalah langka awal untuk membuat suatu usaha, memang betul modal adalah poin penting untuk suatu usaha. Tapi jangan terlalu di pusingkan buat yang sulit mendapatkan modal atau tidak mempunya modal. Karena modal tidak harus berupa uang semata, tapi modal juga bisa berasal dari sebuah pengalaman dan skill yang kita miliki. Maka dari itulah walaupun dengan bermodal materi yang sedikit tetaplah untuk maju dan tetap konsisten dengan apa yang sudah di rencanakan.

2.Meminjam uang tanpa memikirkan untung rugi

Terkadang dalam menjalankan sebuah bisnis, biasanya memerlukan dana yang besar untuk perkembangan bisnisnya. Karena para pemilik usaha tidak seluruhnya memiliki dana yang lebih. Kebanyakan mereka akan meminjam dana dari pihak tertentu maupun pihak lembaga keuangan. Tapi, yang ditakutkan adalah, saat terjadi peminjaman dana dalam jumlah besar dari pihak lain, ternyata bisnis yang dijalankan mengalami kerugian. Tentunya hal ini akan menjadi masalah besar Anda sebagai owner bisnis ini. Maka dari itulah tidak ada salahnya untuk sejenak memikirkan dampak dari apa yang mau kita lakukan, karena itu juga merupakan hal yang penting untuk berusaha.

3.Tidak ada atau belum menentukan visi dan misi dalam menjalankan usaha

Sebuah usaha atau bisnis yang dikembangkan tanpa adanya visi dan misi yang jelas, kemungkinan besar akan mengalami masalah, misakan saja sulitnya untuk berkembang pada bisnis yang dijalankan. Sebelum kita menjalankan sebuah usaha tentunya kita sudah harus memahami tujuan bisnis dan juga sudah memiliki strategi yang akan kita lakukan untuk mencapai target bisnis kita.Mungkin saja sebuah usaha dapat berjalan tanpa adanya visi dan misi yang jelas, namun memiliki tujuan dan strategi bisnis yang jelas tentunya akan jauh lebih baik.

4.Salah memilih partner bisnis

Partner bisnis merupakan hal yang sangat kita perlukan kusunya untuk mendongkrak usaha yang sedang kita jalankan.Akan tetapi masih ada yang belum dapat menentukan atau kurang tepatnya dalam memilih partner bisnis. Untuk karena itu sebaiknya anda memilih Partner bisnis yang mempunyai pengalaman di bidang yang sama, atau paling tidak partner bisnis yang anda cari haruslah mengerti mengenai bidang usaha yang sedang anda jalankan, berikut untuk risikonya. Sehingga saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, partner tersebut dapat membantu menyelesaikan masalah kita, bukan malah menambah masalah dalam sebuah bisnis yang dijalankan, atau bahkan meninggalkan kita ketika ada masalah dalam usaha yang dijalankan.

5.Kurang fokus dalam berbisnis

Memiliki beberapa usaha yang berjalan dengan baik memang akan memberikan keuntungan yang lebih banyak dan besar. Namun,menjalankan beberapa usaha dengan cara yang tidak maksimal tentunya tidak akan memberikan keuntungan yang berarti, bahkan akan merugikan pengusaha tersebut. Beberapa pengusaha berupaya untuk menjalankan beberapa usaha sekaligus tanpa perencanaan yang matang. Dan tidak sedikit dari pengusaha tersebut gagal dalam menjalankan bisnisnya karena sudah terganggu oleh beberapa bisnis yang lainnya yang menyita perhatian, waktu, dan uang. Memang memiliki banyak usaha itu hal yang baik, namun pastikan bahwa bisnis utama kita tetap berjalan dengan maksimal supaya bisnis yang lain pun bisa berjalan dengan lancar.

6.Kurang efektifnya dalam komunikasi

Komunikasi adalah poin penting dalam memperkenalkan dan mempromosikan bisnis apa yang sedang kita jalankan. Oleh karena itu sangat pentingnya sebagai pelaku bisnis untuk melatih komunikasi guna bisa mengait client untuk bisa langsung memberikan keuntungan bagi usaha kita.

Kesimpulannya dari itu semua adalah jangan mudah untuk menyerah, dan terus semangat. Di balik kesalahan pasti tersimpan pengalaman yang akan membuat bisnis anda lebih sukses kedepannya.


arief-arsitek


Tautan media yang lain