home

Kiat memilih keramik


Kini pemakaian keramik sebagai bahan finishing sudah sangat meluas. Kemudahan merawat dan memasangnya menjadi alasan pemilihan keramik menjadi material finishing. Terutama pada bangunan di Negara tropis. 

Cuaca di Negara tropis dengan curah hujan yang tinggi dan sinar matahari yang melimpah sepanjang tahun menimbulkan pengaruh yang besar terhadap material finishing bangunan. Pada dasarnya , base tile yang di gunakan untuk dinding dan lantai terbuat dari bahan yang sama. Keduanya di bedakan dari proses pembuatannya. Dalam dunia keramik dikenal istilah firing yaitu proses pembakaran tanah liat (clay) yang disebut biscuit sebagai bahan dasar utama sampai ke tahap finishing. Proses firing inilah yang membedakan apakah keramik lebih baik digunakan sebagai penutup lantai atau sebagai pelapis dinding. 

Sebagai konsumen kita juga harus cermat dalam memilih material keramik, pastikan bahwa produsen memberikan informasi sebanyak banyak nya tentang keramik. 

Di bawah ini ada beberapa tips jika anda akan memilih material keramik sebagai finishing :

1.Keramik lantai 
-Untuk carport : daya beban tinggi, pori-pori minim , ukuran sedang , permukaan bertekstur dan tidak mengkilat.
-Untuk garasi : permukaan lebih halus dan mudah dibersihkan.
-Untuk teras (outdoor) : kehalusan permukaan sedang , antislip dan mampu menahan beban sedang.
-Untuk ruang keluarga (indoor) : ukuran besar dan mengkilat.
-Untuk ruangan yang luas : ukuran besar dan tidak bermotif

2.Keramik dinding 
-Pilihlah yang sesuai dengan fungsi ruangan yang akan digunakan karena fungsi ruang tersebut akan menentukan desain baik motif, pola maupun tekstur serta dimensi dari keramik.
-Keramik dinding tidak hanya dapat digunakan kamar mandi dan dapur saja. Pemasangan keramik dinding dapat diterapkan juga pada ruang-ruang lainnya seperti teras sampai ruang keluarga. 

sumber : majalah griya asri (smart living : keramik)

Dinda A. Ramadhani 
PT. Arief Arsitek
Greenwood Golf III / 40 Malang
0341-6102999 / 9795999
www.arief-arsitek.com
malang.corner@outlook.com
dindawalia@gmail.com 


arief-arsitek


Tautan media yang lain