home

Kiat sukses bisnis di usia muda


Muda bukan berarti kita masih belum cukup umur maupun masih terlalu muda untuk memulai sebuah bisnis atau usaha. Karena sebenarnya titik poin kita mulai berbisnis atau berusaha itu saat kita masih di usia muda. Sekarang sudah banyak terbukti oleh berita dan kabar kabar tentang pebisnis muda. Nah sekarang mari kita simak beberapa tips di bawah ini untuk bisa mensejajarkan kita dengan pebisnis – pebisnis muda di luar sana :

1.Pelajari apa itu bisnis dan usaha

Dengan belajar dan mengenal lebih detail tentang bisnis maupun usaha, kita bisa mengenal lebih jauh dunia bisnis. Karena di usia muda kita masih fresh akan hal yang baru dan masih segar dalam hal berfikir dan menciptakan sesuatu.

2.Memperluas dalam berfikir tentang bisnis

Setiap langkah besar selalu di mulai dari langkah awal dengan memulai hal-hal yang kecil, kita masih punya cukup banyak waktu untuk belajar dan terus mengembangkannya di usia muda ini dan mempertahankan hingga menjadi bisnis yang besar nantinya.

3.Terbiasa berfikir dan berkata positif

Dalam usaha bisnis kita dituntut untuk slalu berfikir terutama berfikir ke depan dan slalu berkata perkataan positif. Dengan demikian kita bisa menghadapi semua masalah dalam hidup dengan sikap yang lebih positif yaitu tentang hal-hal yang baik atau yang bermanfaat. Selain itu berfikir dan berkata positif adalah ciri orang yang sukses.

4.Mengambil semua peluang bisnis di depan mata

Masih awal, sebaiknya jangan mencari peluang yang terlalu jauh dari jangkauan anda, karena bisnis akan datang dengengan sendirinya bila ada kesempatan. Siapa yang cepat dia yang dapat. Jangan menyianyiakan sekecil apapun kesempatan dan peluang itu.

5.Menentukan Pembimbing atau mentor

Kaitlah pertemanan dengan pengusaha di sekitar anda atau seorang pemimpin bisnis yang berhasil. Jadikan mereka sebagai panutan untuk usaha Anda yang masih kecil, pembimbing atau mentor ini akan membantu anda mengerti akan resiko dan tentang usaha.Selain itu bisa membuat anda lebih mengerti dalam merintis dunia bisnis.

6.Memanfaatkan semua media 

Sekarang sudah jamannya teknologi, sangatlah mudah untuk menemukan dan mencari informasi baik melalui internet maupun media cetak. Carilah sebanyak mungkin informasi mengenai bisnis yang berguna untuk anda dan skill anda untuk memperoleh fashion yang cocok untuk bisnis anda.

7.Berani mengambil resiko

Pengusaha yang sukses cenderung untuk tidak terlalu banyak menganalisis keadaan yang ada. Mereka langsung bertindak terhadap apa yang terjadi dan berani mengambil risiko yang ada. Karena dari pengambilan resiko itu kita bisa mendapat pengalaman yang sangat berguna untuk kedepan nantinya.

8.Pantang menyerah dan percaya diri

Salah satu masalah yang dapat mempengaruhi pengusaha mudah adalah kegagalan dan kepercayaan diri. Oleh karena itu, jangan membandingkan diri dengan pengusaha yang jelas-jelas jauh lebih sukses dari anda, yang telah menghasilkan uang banyak dalam waktu yang singkat. Hal ini sering  membuat anda kehilangan kepercayaan diri anda, ingatlah Anda tidak sedang berlomba-lomba dengan mereka tetapi dengan diri sendiri. Lakukanlah apa yang bisa dilakukan pada hari ini dan mulailah jangan biarkan waktu anda terbuang. Terus semangat jangan mudah menyerah akan kegagalan, karena dengan anda gagal itu merupakan awa dari kesuksessan anda. Tapi dari semua itu adalah kembali ke diri anda bagaimana anda membuat diri anda bisa suksess dengan yang anda punyai.

Muda adalah waktunya untuk berkarya dan menciptakan lapangan usaha sendiri.


arief-arsitek


Tautan media yang lain