home

Kolam renang yang tampak seperti laut


Menghabiskan waktu di kolam renang memang mengasyikkan bagi banyak orang. Walau hanya sekedar duduk –duduk atau bermain air di tepi kolam renang akan sangat menyegarkan. Tahukah anda apa dan dimana kolam renang terbesar di dunia??

San Alfonso Del Mar itulah nama resor yang memiliki kolam renang terbesar di dunia. San Alfonso del Mar terletak di San Alfonso Del Mar Resort, di kota Algarrobo, Chili. Atau, sekitar 60 mil atau sekitar 100 km dari Santiago, Ibukota Chile. 

Ratusan kamar hotel dan apartemen, dapat menjadi tempat bermalam turis disana. Yang harga per malamnya berkisar USD 300 atau setara Rp. 4,1 juta. Fasilitas seperti gym, spa dan lainnya akan memanjakan turis dengan panorama lautan biru di depan mata.
San Alfonso Del Mar Resort adalah kolam renang yang telah dinobatkan sebagai kolam renang terbesar, oleh Guinness Book of World Record pada tahun 2006. Kolam renang ini juga telah menjadi tempat wisata paling popular di Chile. 

 

Kolam renang ini memiliki total luas 8 hektar dengan panjang hingga 1.013 meter. Dengan luasnya ini, air yang ditampung adalah sebanyak 250 juta liter air, dengan titik kedalaman 35 meter.  Untuk pembangunannya, biaya yang dibutuhkan adalah sebesar $400,000 per hektar dan $4,000 untuk perawatannya. Faktanya, air yang memenuhi kolam renangnya sebanyak 66 juta galon. Pihak resor, menggunakan air dari Samudera Pasifik yang sudah difilter sehingga makin jernih dan bersih, lalu kemudian dialirkan ke kolam. Tak heran, kalau air kolamnya benar-benar biru! dan airnya tawar, karena sudah diproses oleh resor.

Karena tempatnya terlalu luas yang begitu wah, kegiatan di kolam San Alfonso Del Mar bukan hanya berenang saja. Traveler bisa bermain kayak, paddle board, selancar angin hingga menyelam di dalam kolam. Bedanya traveler tidak perlu takut terseret ombak sebab permukaan air di kolam ini sangat tenang.
Bagi turis yang mengunjungi kolam renang ini, pihak San Alfonso Del Mar juga menyediakan fasilitas penginapan yakni apartemen-apartemen mereka. Disana para turis dapat beristirahat dengan pilihan 8 jenis apartemen yang berbeda. 
Karya arsitektur yang sangat megah ini memang patut diacungkan jempol. Apakah Anda sudah berencana untuk mengunjungi kolam terbesar di dunia ini??


arief-arsitek


Tautan media yang lain