home

Konsep Futuristik dan Maskulin Interior Kantor NET TV


NET TV merupakan salah satu kantor penyiaran dan peliputanberita entertainment di indonesia. Kantor yang berlokasi di Kuningan, Jakarta dengan luas 4.200 m² yang mana dengan luas bangunan tersebut dapat mempermudah desain yang modern, alami dan dapat tereksplor secara bebas. Interior kantor yang dirancang oleh d-associates menggambarkan konsep desain yang berbasis mottoo NET TV yaitu kreatif dan berinspirasi. Seperti yang kita tahu bahwa suatu kantor penyiaran selalu bekerja 24 jam tanpa waktu istirahat sehingga desain kantor diharuskan mengutamakan kenyamanan yang selalu dapat menimbulkan ide kreatif bagi para pekerja dalam bangunan.

Pada desain kantor NET TV, Area istirahat terpisah dengan ruang kerja melalui kantor dan area perpustakaan. Di sisi lain, desainer mengharapkan bahwa ruang informal dapat mengakomodasi aktivitas senggang para pekerja. Untuk ruang yang digunakan hampir setiap hari dirancang dengan gaya ‘cozy’ karena akan selalu dilalui para pekerja dalam waktu yang sama dan lama. Kantor menyediakan suatu konsep ruang besar berkesan teknologi tinggi (high-tech)  dan filosofi bangunan modern. Khusus ruangan yang digunakan 24 jam dalam 1 minggu, perancang menggunakan material interior yang berkarakter kuat dan keras seperti material karet, ekspos semen, bata, dan lempengan metal. Hal ini guna menciptakan kreativitas dan ide bagi para pekerja.

Selain itu ruangan menggunakan penciptaan lighting  yang atraktif sesuai skema warna.  Dominasi pembayangan pada kantor adalah abu-abu dan hitam yang juga tercipta dari warna alami material di bangunan tersebut. Penguatan warna  juga diciptakan dari alas lantai / karpet yang berwarna coklat dan abu-abu. Lampu dim muncul melalui ruang dan plafon berwarna gelap untuk menguatkan konsentrasi bagi para pekerja. Intinya warna-warna gelap digunakan untuk ikut menciptakan suasana nyaman namun tetap ‘serius’ dalam melakukan pekerjaan.  Konsep futuristik di kantor ini tidak hanya dilihat dari material dan teknologi yang modern tapi juga dilihat dari unsur etnik yang menjadi acuan dari rancangan bangunan masa depan. Desain yang kreatif dan pikiran terbuka sebaiknya dapat dituangkan dalam suatu objek yang nyata dan dapat diaplikasikan melalui akomodasi desain kantor seperti kantor NET TV ini.

Sumber: Indonesia design vol 11/No. 65/ Nov-Des 2014


Nurul Amalia, ST.
PT. Arief Arsitek
Greenwood Golf III / 40 Malang 
www.arief-arsitek.com
0341-6102999 / 9795999
malang.corner@outlook.com
nurulamalia006@gmail.com 


arief-arsitek


Tautan media yang lain