home

Konsep Membangun Rumah Kantor


Rumah Kantor adalah sebuah rumah yang tidak hanya berfungsi sebagai hunian/tempat tinggal saja, tetapi juga berfungsi sebagai tempat berbisnis/kerja, dan tanpa dibatasi oleh kegiatan dari penghuni rumah dan pekerja tersebut.

Aturan Rancangan: 
Syarat-syarat untuk merealisasikan fase perencanaan dan bangunan adalah sebagai berikut:
1. Aturan perancangan untuk mencapai variabilitas, artinya penyesuaian gedung pada fungsi-fungsi yang berbeda itu sendiri
2. Aturan perancangan untuk mencapai fleksibilitas, artinya: penyesuain gedung pada fungsi-fungsi yang berbeda itu sendiri melalui perubahan struktur bagian bangunan yang tidak menopang ,keliling ruangan di bawah struktur bagian bangunan yang menopang.
3. Aturan perancangan dalam mencapai kemampuan untuk diperluas termasuk dikurangi, artinya penyesuaian gedung dalam memperluas atau mengurangi kebutuhan ruang.

Tips Interior Rumah Kantor              
1. Meski fungsi kantor mendominasi pada desain rumah kantor, namun sebisa mungkin desain ini tidak mengganggu aktivitas pribadi dan keluarga, atau menghilangkan fungsi rumah tinggal bagi si pemilik.
2. Gunakan material alami seperti keramik batu alam pada dinding dan warna-warna hangat pada dinding dan furniture untuk menciptakan suasana nyaman dan ekspresif saat bekerja dan melakukan aktifitas keluarga.
3. Perhatikan pencahayaan, sirkulasi udara (ventilasi) dan ruang gerak pada rumah kantor. Tambahkan jendela besar atau pintu ganda sehingga ruangan kantor bisa terasa lebih lega dan luas (tidak menghalangi/membatasi ruang gerak staff dan anggota keluarga).

RUMAH : Ibarat istana penuh kehangatan, keakraban, kebersamaan dan kebutuhan istirahat sangat dominan dirumah. Karena Rumah merupakan sebuah bangunan, tempat manusia tinggal dan melangsungkan kehidupannya.

KANTOR : Pusat segala aktivitas yang produktif yang tinggi sebagai bentuk profesionalisme pekerja. Ruang tempat bekerja, tempat kedudukan pimpinan, jawatan instansi dan sebagainya. Dalam bahasa Inggris “office” memiliki makna yaitu: tempat memberikan pelayanan (service), posisi, atau ruang tempat kerja.

Septian Raditya Wahyu Kurniawan
malangcorner.com


arief-arsitek


Tautan media yang lain