home

Kuliner Yang Satu Ini Wajib Untuk Anda Yang Suka Aktivitas Berat dan Coba Buat Sendiri


Surabaya - Bagi Anda yang sering melakukan aktivitas berat yang mengakibatkan vitalitas tubuh menurun, cobalah kelapa muda bakar. Kelapa muda bakar atau yang biasa disebut degan bakar dipercaya bisa menambah vitalitas. Degan bakar ini adalah ramuan khusus milik HM Sudiono yang berada di kawasan Jalan Semarang, Surabaya. Menurut Sudiono, ramuan degan bakarnya diyakini dapat mengembalikan vitalitas tubuh yang hilang setelah seharian beraktivitas. "Hangatnya air kelapa dan campuran ramuan dari rempah-rempah setelah dibakar kurang lebih 1 hingga 1,5 jam akan membuat badan terasa hangat," kata Sudiono kepada detiksurabaya.com ketika ditemui di warungnya yang berada di pinggir Jalan Semarang, Surabaya, Senin (20/8/2007). Pria asli Gempol, Porong ini mengaku, setiap harinya, dia mampu menghabiskan 40 degan muda. "Tidak termasuk hari libur," ungkap Sudiono.
 
Sudiono mengaku mendapatkan resep degan bakar ini berasal dari seorang kerabatnya, agar dirinya mencoba berjualan degan bakar dengan campuran rempah-rempah, "Saya diberi tahu oleh saudara saya untuk mencoba usaha lain, yakni jual degan bakar. Dan ketika itu saya sebelumnya sudah berjualan degan muda selama 15 tahun." jelasnya. Dia menjelaskan, ramuannya biasa saja, rempah-rempah yang sudah dihaluskan dicampur dengan madu dan telur ayam kampung. "Tapi untuk telurnya terserah pembeli mau berapa," jelasnya. Usai mendapat penjelasan dari Sudiono, detiksurabaya.com merasa tertarik untuk mencoba degan bakar dengan tambahan 3 telur ayam kampung. Bagaimana rasanya? Setelah kurang lebih menunggu 1,5 jam menunggu akhirnya degan bakar pesanan detiksurabaya.com datang. Begitu batok kelapa dibuka, aroma gurih yang ditimbulkan dari kelapa muda yang terbakar menyengat di hidung. 
 
Ditambah warna daging kelapa muda yang berubah kecoklatan akibat terkena panas dan keruhnya air hangat kelapa akibat campuran telur, madu dan ramuan rempah menambah tidak sabarnya untuk menikmati degan bakar. Roni Prabowo yang mengaku salah satu pelanggan setia degan bakar buatan Sudiono mengatakan, dirinya dua hari sekali meminum ramuan degan bakar. "Saya sudah 2 tahun berlangganan degan bakar dan kasiatnya benar-benar bermanfaat bagi saya yang sering beraktifitas di luar," kata seorang sales obat. Sudiono mematok harga yang cukup terjangkau untuk menikmati minuman yang konon berkhasiat ini. Cukup membayar antara Rp 7 ribu hingga Rp 15 ribu. Anda tertarik mencoba? Silahkan saja datang langsung ke warung degan bakar milik H.M. Sudiono di Jalan Semarang, Surabaya. (bdh/mar)
 
Sumber :
Zainal Effendi - detikSurabaya
http://surabaya.detik.com/read/2007/08/21/094733/819529/466/kelapa-muda-bakar-dipercaya-bisa-tingkatkan-vitalitas


arief-arsitek


Tautan media yang lain