home

Kulit Putih Atau Gelap?


Stereotip kalau kulit putih menjadi standar kecantikan seorang wanita bukan hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga dunia. Hal itu terlihat dari bagaimana dunia hiburan hingga merk produk kecantikan menggambarkan image wanita (kebanyakan) berkulit yang putih. 
Tak heran bila banyak pula wanita berkulit sawo matang dan gelap mencoba berbagai macam cara untuk membuat kulit mereka tampak lebih putih—bahkan rela mengeluarkan kocek begitu besar.

Padahal sebagai pemilik kulit sawo matang dan gelap, Anda harusnya bangga! Di balik kulit eksotis yang Anda miliki, terdapat keunggulan dan manfaat lebih bagi kesehatan—dibandingkan mereka yang berkulit putih. Really? Absolutely!  
So, let’s check this out guys!!

6 Keuntungan dari sisi kesehatan orang yang mempunyai kulit gelap:

Beresiko Lebih Kecil Terkena Kanker Kulit 

Kanker kulit bisa mengancam manusia kapan saja, namun pemilik kulit putih cenderung lebih beresiko terkena kanker kulit. Melanin (pigmen penghasil warna) yang berada pada lapisan epidermis kulit putih lebih sedikit dibandingkan pemilik kulit gelap. Hal itu menyebabkan paparan sinar UV yang mengenai kulit putih dapat lebih mudah merusak jaringan sel-selnya. Sedangkan melanin yang juga berfungsi memproteksi sinar UV banyak dimiliki oleh pemilik kulit gelap.

Lebih Lama Mengalami Penuaan Dini 

Pemilik kulit gelap tak perlu terlalu khawatir mengalami keriput lebih cepat. Serat kolagen yang dimilik kulit gelap cenderung lebih banyak dan lebih tebal dibandingkan kulit putih. Seperti yang kita tahu, kolagen penting dibutuhkan kulit untuk menjaga elastisitas, kelenturan, kekenyalan, kelembapan, dan ketahanan pada kulit. Itu sebabnya pemilik kulit gelap cenderung tidak mudah berkerut dan terlihat lebih awet muda.

Mampu Mengangkal Radikal Bebas
 
 
 
Salah satu penyebab kerusakan sel-sel pada tubuh ialah radikal bebas. Lagi-lagi pemilik kulit gelap diuntungkan karena cenderung terhindar dari serangan radikal bebas. Banyaknya kandungan melanin yang terdapat pada lapisan epidermis kulit akan membantu lemak mempertahankan kelembapan kulit. Faktor inilah yang akan menangkal radikal bebas yang mendekati tubuh Anda. 

 
Memiliki Tulang Yang Lebih Kuat

Pemilik kulit gelap dipercaya beresiko lebih kecil mengalami osteoporosis karena mampu menyerap kalsium lebih banyak dibandingkan kulit putih. Hal ini dikarenakan banyaknya jumlah pigmen yang dimiliki kulit gelap hingga mampu menyimpan cadangan vitamin D3 yang berasal dari sinar matahari. 

Otak, Saraf, dan  Alat Indra Berfungsi Lebih Baik

Melanin yang terdapat pada lapisan epidermis kulit tak hanya berfungsi untuk memengaruhi warna kulit dan rambut. Melanin dibutuhkan oleh tubuh untuk bertahan hidup. Organ-organ yang ada pada tubuh kita, berfungsi lebih baik seiring dengan banyaknya jumlah melanin yang dimiliki. Dari hasil penelitian yang dilakukan seorang ilmuan, sinar radiasi yang diserap oleh melanin diolah kembali menjadi sebuah energi. Jadi, dapat dikatakan pemilik kulit gelap dapat bekerja lebih maksimal dan efektif. 

Bereproduksi Lebih Baik

Jumlah melanin yang lebih banyak dihasilkan pada kulit gelap, berfungsi menyaring sinar ultraviolet untuk mencegah kerusakan pada DNA. Itulah sebabnya mengapa wanita berkulit gelap memiliki tingkat terendah dalam kasus kelahiran bayi cacat.

So, Tidak ada alasan untuk tidak percaya diri akan warna kulitmu! Pada dasarnya semua warna kulit sama cantiknya, sekarang tinggal bagaimana kamu menanggapinya! 
Semoga artikel ini bermanfaat teruama berguna bagi orang diluar sana yang canggung akan warna kulitnya!
Share it guys!


arief-arsitek


Tautan media yang lain