home

Lautan Yang Paling Menyeramkan Di Dunia


  1. Hanakapiai, Hawaii

Pantai Hanakapiai adalah pantai di kepulauan Hawaii. Pantai ini memiliki panjang 3,2 kilometer dan dikenal sebagai jalur hiking yang populer di Hawaii.Saat musim panas, pasir pantai ini terlihat sangat cantik dan tenang. Hal ini menjadikannya salah satu obyek wisata paling populer di Hawaii.Namun seperti banyak pantai di Hawaii, pantai ini memiliki ombak yang cukup berbahaya. Di pantai ini tidak ada karang yang cukup besar untuk memecah ombak besar yang menghampiri pantai.

Di depan pantai ini sudah dipasang tanda dilarang berenang. Setidaknya, dalam beberapa tahun ini 83 orang telah tewas akibat arus ombak yang mematikan di pantai ini. Para perenang yang tewas dikabarkan terbawa arus bahkan ketika mereka berada di perairan dangkal.

  1. Gansbaai, Afrika

Gansbaai adalah desa nelayan dan destinasi wisata populer di Western Cape, Afrika Selatan. Sejak 1995, atraksi wisata utama di Gansbaai adalah berenang bersama hiu terganas di dunia, hiu putih raksasa. Perairan Gansbaai memang menjadi teritori spesies buas ini.Bahkan Gansbaai disebut-sebut sebagai tempat dengan populasi hiu putih besar terbanyak di dunia. Hal ini mengundang banyak peneiliti dan ilmuwan dari seluruh dunia untuk meneliti kehidupan liar spesies tersebut.Karena banyaknya populasi hiu putih raksasa inilah, wisatawan diminta ekstra berhati-hati saat berenang di perairan Gansbaai, bila tidak ingin dimangsa hiu. Apalagi saat musim anjing laut berkembang biak, hiu-hiu ini semakin banyak muncul ke permukaan air.

  1. Northern Territory dan Queensland, Australia

Queensland adalah negara bagian terbesar kedua di Australia setelah Australia Barat, Di bagian timur, Queensland berbatasan dengan Laut Koral dan Laut Pasifik. Kedua negara bagian Australia ini dikenal dengan wisata airnya. Dengan Laut Koral dan Laut Pasifik, menjadikan perairan di kedua wilayah ini kaya akan spesies laut yang menarik.Namun, setiap tahun di antara Oktober dan April, ribuan ubur-ubur kotak mendiami pantai-pantai utara Australia ini. Ubur-ubur tersebut merupakan salah satu hewan paling berbisa di dunia, dan menjadi penyebab setidaknya 70 kematian sejak 1883. Bisanya sangat beracun, bahkan para perenang yang terkena sengatannya akan mengalami gagal jantung bahkan sebelum mereka berhasil mencapai pantai.

  1. Bikini Atoll, Kepulauan US Marshall

Bikini Atoll adalah sebuah tempat yang terletak di wilayah Mikronesia yang merupakan bagian dari Kepulauan Marshall yang terletak di Samudera Pasifik. Terletak di utara khatulistiwa, tempat ini juga merupakan tempat uji coba nuklir sejak Perang Dunia 2 sampai dengan bulan Desember 1945. Bikini Atoll menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2010. Sekarang Bikini Atoll menjadi tujuan wisata, termaksud yang suka menyelam, karena keindahan bawah lautnya sangat indah dan banyak sekali ikan-ikan yang tinggal di bawah laut Bikini Atoll.

Namun, Situs Warisan Dunia UNESCO ini juga berbahaya karena dua alasan, yakni radiasi nuklir dan hiu. Bikini Atoll merupakan tempat pengetesan 20 senjata nuklir pada 1946 hingga 1958. Meskipun sudah dinyatakan aman oleh Pemerintah Amerika, penduduk Bikini Atoll menolak kembali ke sini, dan produk makanan yang berasal dari sini pun tidak disarankan untuk dikonsumsi. Karena tidak adanya pemancingan ikan selama bertahun-tahun di area ini, populasi hewan laut membludak, termasuk populasi hiu yang siap menyerang para penyelam.

  1. Playa Zipote, Meksiko

Playa Zipote adalah pantai pasir putih kecil di Oaxaca, Meksiko. Meski terlihat cantik dan kecil, pantai ini telah mengambil banyak nyawa pengunjungnya. Dalam bahasa setempat, Zipote sendiri berarti "pantai kematian". Pantai ini dinamakan demikian karena gelombang ombaknya yang besar dan arus lautnya yang kencang. Banyak turis yang tergoda berenang di airnya yang berwarna biru jernih namun akhirnya terseret ombak. Pantai ini paling bahaya ketika saat bulan purnama, Saat itu, air laut semakin tinggi dan ombak pun semakin besar.

  1. Laut Sargasso, USA

Laut Sargasso terletak di sebelah tenggara Segitiga Bermuda. Sehingga anggapan bahwa perairan ini sama dengan Segitiga Bermuda adalah salah. Karena memang wilayahnya sudah terpisah jarak yang lumayan jauh. Laut Sargasso ini terkenal dengan pusaran laut mematikan yang mampu menenggelamkan kapal bahkan pesawat yang melintas di atasnya. Selain itu, pusaran ini disebut mengerikan karena juga memiliki kecepatan bahkan arah pusaran yang tak dapat diprediksi oleh siapapun, bahkan kapan munculnya juga. Di wilayah perairan ini juga terdapat banyak alga bernama Sargassum.

  1. Laut Setan, Jepang

Laut Setan atau yang sangat dikenal dengan nama Devil’s Sea terletak di perairan teritori milik Jepang. Laut ini sering disebut-sebut sebagai saudara dari Segitiga Bermuda karena letaknya yang segaris lurus dengan segitiga bermuda. Dan selain letaknya yangs egaris lurus, juga hobi ‘memakan’ kapal atau pesawatnya nyaris sama. Bedanya mungkin pada kondisi fenomena alamnya, dimana Laut Setan ini memiliki kondisi yang jauh lebih misterius dibandingkan Segitiga Bermuda. Bahkan saking misteriusnya, paus, lumba-lumba, bahkan burung sekalipun tak mau hidup di wilayah perairan yang terletak di dekat Pulau Miyake ini. Kondisi ini terjadi karena Laut Setan merupakan wilayah seismik yang aktif, sehingga menyebabkannya bergerak konstan, dan hal tersebut dapat memunculkan pulau-pulau vulkanik yang tak dapat diprediksi.

Bima Wahyu
malangcorner


arief-arsitek


Tautan media yang lain