home

Malang Town Square Rajanya di Malang


  
 
Mall ini didirikan pada pertengahan tahun 2005. Mall 4 lantai ini terletak di Jalan Veteran Kota Malang. Mall adalah jenis dari pusat perbelanjaan yang secara arsitektur berupa bangunan tertutup dengan suhu yang diatur dan memiliki jalur untuk berjalan jalan yang teratur sehingga berada di antara antar toko-toko kecil yang saling berhadapan .

Karena bentuk arsitektur bangunannya yang melebar (luas), umumnya sebuah mal memiliki tinggi tiga lantai, jenis pusat perbelanjaan yang secara arsitektur merupakan bangunan tertutup dengan suhu yang diatur dan memiliki jalur untuk berjalan-jalan yang teratur sehingga berada di antara toko-toko kecil yang saling berhadapan.
 
Di zaman yang serba modern ini, Mall menjadi tujuan masyarakat untuk melakukan transaksi jual-beli atau sekedar refreshing. Saat ini, Mall menjadi tempat yang paling sering dituju selain pasar tradisional. Biasanya setiap Mall terdapat fasilitas yang berbeda-beda, seperti bioskop, pusat bermain, arena bermain ski dan lain sebagainya. Karna itulah tidak sedikit keluarga yang menghabiskan waktu luangnya di Mall untuk menghilangkan kejenuhan setelah melakukan aktifitas rutin.
 
Malang, merupakan salah satu kota di Indonesia dengan wilayah yang cukup luas dan penduduk yang banyak. Di Kota Malang sendiri terdapat beberapa pusat perbelanjaan yang sering dikunjungi oleh masyarakat, seperti Mall Olympic Garden, Cyber Mall, Malang City Point, Malang Town Square dan masih banyak lagi. Namun, yang akan dibahas di sini adalah Malang Town Square atau yang lebih sering disebut dengan Matos.

Matos merupakan salah satu mall di Malang yang memiliki tingkat pengunjung yang cukup tinggi dari pada pusat berpelanjaan yang lain.
 
Namun, di balik banyaknya pengunjung tersebut, ada beberapa kesalahan yang terdapat pada Malang Town Square. Misalnya, Matos dibangun di lahan yang tidak semestinya. Kenapa? Karena tempat didirikannya Matos di Jalan Veteran merupakan area pendidikan, di mana di sekelilingnya terdapat banyak sekali tempat belajar mulai dari TK hingga Perguruan Tinggi. Tidak seharusnya mendirikan bangunan komersil di area pendidikan. 
 
Selain itu, lahan Matos adalah area resapan, tempat dimana air hujan yang jatuh akan mengalir. Dan ketika bangunan Matos berdiri, air hujan tidak memiliki tempat untuk mengalir, sehingga terjadi banjir yang tidak dapat dihindari karena telah kehilangan area resapan.
   
Namun dibalik kekurangan-kekurangan Malang Town Square, ada beberapa kelebihan. Contohnya saja, Matos didirikan di area yang strategis, mengingat Jalan Veteran merupakan jalan utama sehingga banyak sekali masyarakat yang akan lewat di jalan itu. 
 
   
 
Lalu dari segi isi pusat perbelanjaan, dibandingkan dengan pusat perbelanjaan lain di Malang, Matos memiliki booth atau stan atau toko kecil terbanyak. Dari lantai dasar hingga lantai teratas, Matos memiliki banyak sekali stan dengan berbagai macam barang yang ditawarkan seperti baju, sepatu, makanan, aksesoris dan sebagainya.
 
Lalu dari segi ekonomi, Matos merupakan pusat perbelanjaan dengan harga yang lebih murah dari pada pusat perbelanjaan lain, jadi tidak menutup kemungkinan jika Matos memiliki pengunjung yang banyak dan akan semakin ramai ketika menjelang akhir 
pekan.
 
   

malangcorner
M.Mauluddin 


arief-arsitek


Tautan media yang lain