home

Membangun Lingkungan Yang Kondusif Di Tempat Kerja Baru


Memiliki sebuah pekerjaan yang diimpikan dengan dukungan lingkungan kerja yang kondusif menjadi dambaan setiap orang. Masa produktif jadi lebih bermakna kalau dihabiskan untuk berdedikasi pada pekerjaan yang kita inginkan. Namun sayangnya, tentu tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan emas seperti itu. Kondisi lingkungan kerja atau hal lainnya yang tidak mendukung karir kita seringkali membuat kita memutuskan untuk pindah ke pekerjaan yang baru. 

Lingkungan kerja baru akan memberikan tantangan bagi kita untuk melakukan adaptasi secara cepat dan efektif. Di bawah ini ada tips dan saran untuk anda yang baru mendapatkan lingkungan kerja baru dan ingin mewujudkan lingkungan kerja anda yang kondusif, di antaranya adalah :

1.Pelajari Etika dan Budaya Di Tempat Kerja Yang Baru



Hal pertama dan penting yang harus anda lakukan adalah mempelajari etika dan budaya di tempat kerja yang baru tersebut. Setiap kantor atau tempat kerja punya etika dan budayanya masing-masing. Ada hal-hal khusus yang harus anda ketahui sehingga anda dapat beradaptasi dengan semua personil lainnya di tempat itu. Jangan sampai posisi kita sebagai karyawan baru atau pekerja baru menjadi alasan untuk melanggar budaya di suatu perusahaan. Jika perusahaan baru tempat kita bekerja memiliki kebiasaan mengenakan seragam, bersikaplah untuk aktif dan menanyakan ketersediaan seragam tersebut untuk kita.

2.Memperkenalkan Diri Ke Rekan – Rekan Kerja Baru



Temuilah rekan-rekan kerja baru anda. Mulailah kenalkan diri anda secara ramah. Misal, anda dapat memperkenalkan asal daerah, latar belakang pendidikan, pengalaman, atau status anda. Anda jangan khawatir dengan sikap rekan-rekan baru anda tersebut, karena mereka akan merespon dengan baik sepanjang anda memperkenalkan diri dengan baik. Jika perlu, tukar nomor handphone atau minta foto bersama demi meningkatkan keakraban. Hal ini penting karena bisa saja beberapa dari mereka akan menjadi bagian penting dalam proyek-proyek baru anda maupun menjadi teamwork anda.

3.Tunjukkan Semangat Kerja

Tunjukkan bahwa anda memiliki semangat kerja yang tinggi. Jangan sampai anda terlihat lesu, lelah dan tidak bersemangat. Seberat apapun pekerjaan dan tanggung jawab yang anda pegang di tempat kerja yang baru tidak boleh menyurutkan semangat kerja anda. Tunjukkan konsistensi dan eksistensi anda di kantor yang baru tersebut dengan semangat bekerja yang tinggi.

4.Selalu Belajar Hal – Hal Yang Baru 



Bisa jadi, anda diterima bekerja di bidang yang belum anda kuasai dengan baik. Selalu ada hal-hal yang baru untuk musti dipelajari di tempat anda bekerja. Bila di tempat itu ada rekan kerja yang lebih senior dan berpengalaman, maka jangan malu untuk menanyakan hal yang mungkin belum anda tahu atau mengerti. Lebih baik bertanya dari pada apa yang anda kerjakan keliru atau salah. Hindari bersikap sok tahu, apabila ada rekan senior yang memberikan bimbingan atas rekomendasi atasan, maka perhatikanlah dengan sebaik-baiknya. Itu semuana guna membangun sauasana yang harmonis dan kondusif di tempat dan lingkungan kerja anda. 

5.Kreatif dan Inovatif



Selalu ciptakan sesuatu yang baru dan ide-ide kreatif terkait pekerjaan. Dengan memunculkan sesuatu yang baru dan ide-ide kreatif anda, maka dengan cepat semua personil di kantor atau tempat kerja yang baru akan mengenali anda. Jika sesuatu yang baru dan ide-ide anda benar-benar brilian, maka dengan cepat anda akan mendapat respek dari pimpinan dan semua orang lainnya.

6.Bangun Teamwork sebaik mungkin



Berusahalah untuk slalu bersikap profesional dengan semua orang di kantor atau tempat kerja yang baru, walaupun hal ini tidak berarti anda mematikan sama sekali sifat kemanusiaan anda. Anda harus mampu menyeimbangkannya semuanya itu. Hubungan profesional penting sekali diterapkan di tempat kerja agar fungsi manajemen di kantor anda berjalan dengan baik. Hubungan profesional yang anda bangun dengan semua orang akan membangun sebuah team work yang solid dan baik untuk mencapai kesuksesan perusahaan.

7.Berpakaian dan Berdandan Rapi



Tampilan dan cara berpakaian anda akan membantu anda beradaptasi dengan baik dengan semua orang di tempat kerja yang baru. Berpakaianlah yang pantas sehingga anda tidak menjadi pusat perhatian (dalam artian hal-hal yang negatif) di kantor yang baru. Anda seharusnya menonjol di tempat kerja yang baru, tetapi bukan dalam cara anda berpakaian yang “beda” dari personil lainnya. Anda harus menonjol karena prestasi kerja, bukan yang lain.

8.Berbicara dan Bersikap Sopan Kepada Semua Rekan Kerja



Anda di haruskan untuk berbicara sopan kepada semua personil. Siapapun lawan bicara anda di kantor, baik bawahan anda ataupun lebih-lebih atasan, anda harus sopan dalam berbicara dan bertingkah laku di depan. Komunikasi yang baik akan membawa anda pada hubungan profesional dengan semua orang di tempat kerja yang baru.


arief-arsitek


Tautan media yang lain