home

Mengenal Lebih Jauh Tentang Teknik Penerbangan


Teknik penerbangan berkutat dengan semua aspek yang berkaitan dengan penerbangan wahana pada semua kecepatan dan ketinggian. Disiplin ini mencakup semua tahapan yang dimulai dari riset, desain, hingga pengembangan teknologi penerbangan dan meliputi semua bentuk kendaraan, mulai hovercraft yang dirancang untuk beroperasi beberapa feet di atas tanah dan air, helikopter yang dapat melayang di udara dan melakukan manuver ke segala arah, beragam jenis pesawat terbang konvensional, hingga pesawat ruang angkasa yang kompleks yang mampu melakukan penerbangan antariksa. Terminologi teknik aeronotika digunakan untuk merujuk pada ilmu engineering untuk penerbangan di dalam atmosfer bumi, sedangkan teknik astronotika merujuk pada engineering untuk penerbangan di luar angkasa.

Seorang insinyur penerbangan biasanya bekerja di salah satu dari bidang-bidang spesialisasi berikut ini : aerodinamika, desain struktur, sistem propulasi, dan kontrol dan instrumentasi penerbangan.

Di bidang spesialisasi desain struktur, para insinyurnya berupaya mencari dan mengembangkan desain badan dan rangka pesawat terbang yang dapat dioperasikan secara lebih ekonomis

Para insinyur penerbangan juga bekerja dalam bidang pengembangan dan penyempurnaan teknologi propulsi pesawat terbang dan pesawat ruang angkasa. Sistem propulsi untuk pesawat ruang angkasa menghasilkan gaya dorong dengan cara mengalirkan suatu bentuk cairan ke arah belakang dengan percepatan tertentu. 

Di bidang spesialis kontrol dan intrumentasi pesawat terbang, para insinyur mengembangkan instrumentasi untuk pesawat terbang konvensional yang menyediakan informasi langsung kepada sang pilot, atau menjalankan sendiri secara otomatis seluruh proses navigasi, manuver, atau kendali pesawat terbang.

Para spesialis ini juga mengembangkan sistem-sistem yang memandu dan mengontrol arah terbangnya peluru kendali. Sistem-sistem ini mengikuti pergerakan peluru kendali dengan radar atau peralatan on-board, menghitung dan mengkomunikasikan koreksi-koreksi yang dibutuhkan, dan kemudian mengkoreksi secara presisi arah dan kecepatan dengan menggunakan roket vernier (sejenis roket berdaya dorong rendah khusus untuk tujuan ini.

Teknik penerbangan merupakan salah satu lapangan pekerjaan paling menarik dan menantang bagi mereka yang memilih engineering sebagai bidang karirnya. 


arief-arsitek


Tautan media yang lain