home

Mengenang Pruitt Igoe: Sejarah Hancurnya Arsitektur Modern


Pruitt-Igoe merupakan sebuah proyek perumahan besar perkotaan pertama yang diduduki pada tahun 1954 di kota AS St Louis, Missouri yang dirancang oleh arsitek Minoru Yamasaki. Awalnya Pruitt-Igoe  dilihat sebagai terobosan dalam pembaruan perkotaan dengan latar belakang pembangunan proyek kawasan Pruitt Igoe ialah untuk mengatasi masalah faktor kesenjangan sosial masyarakat yang berada di kota AS St Louis.

Pada masa itu Pruitt igoe berkembang sebagai Kompleks bangunan yang berjumlah 2870 apartemen yang sekaligus merupakan apartemen terbesar di kota ini. Pruitt-Igoe memiliki 33 bangunan dan memang ditujukan untuk masyarakat kelas menengah serta ada pemisahan ruang antara masyarakat berkulit hitam dan putih. Pruitt igoe yang awalnya dibanggakan sebagai pemecah masalah faktor sosial kawasan St Louise semakin lama mulai ditinggalkan pada akhir tahun 1960-an karena ketidak layakan bangunan serta mulai menimbulkan berbagai macam kriminalitas pada bangunan itu. Alih-alih 43 gedung apartemen ini menjadi model perumahan yang nyaman dengan uang sewa murah, proyek ini menjadi sarang penjahat dan perusuh . Apartemen yang direncanakan sebagai tempat berlindung yang nyaman dan aman bagi kaum miskin menjadi pangkalan yang penuh teror diatas tanah tak bertuan sehingga proyek pruitt igoe dianggap sebagai proyek gagal.

Melihat keadaan tersebut maka pada tahun 1968, Departemen federal Perumahan mulai mendorong warga yang tersisa untuk meninggalkan Pruitt-Igoe. Pada bulan Desember 1971, negara bagian dan federal memberikan kewenangan  untuk menghancurkan Pruitt-Igoe. Bangunan pertama dihancurkan pada 16 Maret 1972 hingga selesai pada tahun 1976. Kegagalan bangunan tersebut membuktikan bahwa dasar filosofi dan teori Arsitektur Modern sudah tidak relevan lagi dengan tuntutan zaman. Doktrin-doktrin seperti Rasionalisme, Behaviorisme, dan Pragmatisme yang mendasari pertumbuhan Arsitektur Modern dianggap sudah tidak rasional lagi

Nurul Amalia, ST.
PT. Arief Arsitek
Greenwood Golf III / 40 Malang
0341-6102999 / 9795999
www.arief-arsitek.com
malang.corner@outlook.com
nurulamalia006@gmail.com


arief-arsitek


Tautan media yang lain