home

Menikmati Nasi Lemak


Nasi lemak adalah hidangan nasi wangi dimasak dalam santan dan "pandan" daun banyak ditemukan di Malaysia, Brunei, Singapura, Kepulauan Riau, dan Thailand Selatan. Di Malaysia dan Singapura, nasi lemak datang dalam banyak variasi seperti yang disiapkan oleh koki yang berbeda dan dalam budaya yang berbeda. Nasi lemak di Malaysia ini bisa dibilang khas sarapan orang Melayu di Semenanjung Malaysia Selatan dan Tengah. Cina Malaysia dan India juga turut menghidangkan nasi lemak ini dalam sarapan mereka tapi tidak sesering orang Melayu. 
 
Nasi lemak di Utara Barat Semenanjung cenderung untuk menggunakan kari. Nasi lemak tidak biasa untuk sarapan di Sabah dan Sarawak. Hotel biasanya memiliki nasi lemak di menu mereka dengan hidangan yang rumit, seperti rendang daging sapi dan penambahan makanan laut lainnya. Pusat jajanan di Singapura dan Malaysia biasanya membungkus mereka dalam daun pisang untuk meningkatkan rasa. Warung pinggir jalan menjualnya dalam bungkusan, yang dikenal sebagai "nasi lemak bungkus", dengan tambahan minimal yang biaya antara 1-7 Ringgit (RM) per bungkus. Outlet makanan laut sering melayani nasi lemak untuk menemani seafood bakar. Ada versi Malaysia India Cina dan Malaysia, dan Singapura Melayu dan versi Cina Singapura. Beberapa orang menyarankan bahwa sambal adalah bagian paling penting pada saat kita makan nasi lemak. Jika tidak dipersiapkan dengan sempurna, bisa merusak seluruh makan, karena makanan ini lebih nikmat disajikan panas dan pedas.
 
Variasi India Malaysia mirip dengan versi aslinya. Namun, India Malaysia banyak Hindu, dan tidak makan daging sapi. Oleh karena itu, sapi tidak termasuk yang disajikan versi dari nasi lemak India Malaysia. Nasi lemak dalam gaya India Malaysia disajikan dengan kari, seperti kari ayam, kari ikan atau kari daging kambing. Meskipun tidak umum untuk melihat warung Cina Malaysia dan restoran yang menjual nasi lemak, ada nasi lemak versi non-halal yang mengandung daging babi yang dijual di kota-kota seperti Malaka dan bagian-bagian tertentu dari Kuala Lumpur. Beberapa penjual Cina Malaysia dikenal untuk membuat sambal daging babi cincang. Mirip dengan variasi Malaysia dengan jenis ikan kecil yang disebut ikan tamban, biasanya digoreng dengan sambal dan sangat renyah, seluruh bagian ikan dapat dimakan. Ini citra tradisional yang ditawarkan dengan isi kacang-kacangan, ikan goreng, mentimun, dan kadang-kadang telur goreng atau telur rebus. Mempertahankan aroma menggunakan daun pandan, variasi Cina dengan berbagai macam isi yang meliputi paha ayam goreng, ikan kue, kari sayuran dan daging. Di bagian-bagian tertentu dari Kuala Lumpur, beberapa pedagang Cina dan Melayu Malaysia juga menawarkan nasi lemak vegetarian di mana ikan teri kering diganti dengan ikan asin.


arief-arsitek


Tautan media yang lain