home

Menikmati Wisata Eco Green Park Batu Malang


Eco Green Park merupakan wahana baru yang ada di Kota Wisata Batu. Wahana  yang memiliki motto Fun and Study sudah di bangun sekitar sejak 1 juli 2012. Lokasi Eco Green Park ini berada di Jalan Oro-oro ombo, tepatnya berada di kawasan Jawa Timur Park2. Fun and study ini berisi tentang ekosistem dan reptil yang lengkap dan bertaraf internasional. Konsep yang memadukan wisata alam, kebudayaan, lingkungan, dan seni yang inspiratif, menarik dan mendidik. Berdasarkan pengalaman tempat ini sangat cocokuntuk rekreasi keluarga, terutama sebagai edukasi untuk anak anak.
 


Banyak wahana yang di sediakan di sini. Setelah melewati pintu masuk di sajikan banguan replika candi yang megah disertai  kolam berisi ikan dan angsa. Selanjutnya Memasuki pintu utama saya disuguhi dengan intalasi daur ulang barang bekas berbentuk gajah dari telivisi monitor, scanner, dan printer yang akan memanjakan mata, dan tak kalah menarik juga ada juga patung sapi yang di ambil dari limbah mobil dan bola bekas.  


 
Selanjutnya saya mulai menjelajahi satu persatu wahana Eco Green Park.

INSECTARIUM 
     Di musium ini terdapat berbagai jenis serangga yang hidup atau yang sudah diawetkan. Yang tampak berbeda dari musiun ini adalah serangga-serangga tersebut  di susun sedemikian rupa di dalam pigura kaca atau aquarium kaca. Sekumpulan kupu-kupu di kemas dalam sebuah pigura sehinggga membentuk lukisan yang amat cantik.
 
    Keluar dari Insectarium, kita akan menemui berbagai  jenis burung besar, seperti burung merak, burung unta di kandang yang terbuka, pengunjung bisa berjalan santai di atas jembatan papan kayu dan di naungi teduhya  pepohonan. sangat seru berjalan bersama burung terbesar di dunia. Disini tentunya kita bisa berfoto dan memberi makan burung-burung. 


  

MUSIK PLAZA 
    Wahana ini sangat di minati oleh anak-anak. Di sini terapat sebuah kolam yang cukup besar, di atas kolam banyak di tempatkan permainan yang terbuat dari sejenis besi pelat.

Selain itu di sekeliling  kolam terdapat tempat istirahat yang elah di sediakan sambil menikmati  makanan atau minuman yang dapat dibeli di toko yang  membuka  gerai  di sekitar kolam musik. Selain itu ada juga orang yang seperti patung berwarna silfer yang tentunya bisa di ajak berfoto. Wow keren bukan??

JUNGLE  ADVENTURE
    Wahana yang tidak kalah menarik adalah Jungle Adventure, yang letakny di sebelah kiri Music Plaza. Di sini saya di ajk keliling hutan buatan dengn menaiki kereta tampa atap. Selain itu masing-masing di setiap tempat duduk di sediakan pistol sesnsor yang berperan sebagai pelindung hutan yang membasmi pemburu dan penebang liar. Dan yang unik ketika kita menembak akan muncul score di layar kecil di depan  tempat duduk. Sayang sekali saya mendapatkan score 0. tapi tentunya sangat seru sekali bermain di Jungle Adventure.

ANIMAL FARM & DAUR ULANG SAMPAH
Setelah seru bermain di jungle adventure  saya memasuki area Animal Farm dimana kita bisa menyaksikan berbagai hewan sepeerti Sapi bertanduk panjang. Dan ayam berbulu cantik, dan ada macam macam domba  berbagai jenis bulunya. 
Pada area ini kita juga menemui area daur ulang samapah. Dimana kita bisa mempelajari cara mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos hingga gas metan yang bisa di jadikan bahan bakar ramah lingkungan. Tak jauh dari area daur ulang sampah, saya  memasuki area budidaya jamur.yang akan mengajarkan kita bagaimana cara menanam dan membudidayaka jamur dengan baik dan benar.

WORD OF PARROT
Word of parrot mengnalkan berbagai jenis burung paruh bengkok sedunia. Tidak hanya sekedar bermain saya di sini bisa menjumpai berbagai  macam unggas. Selain itu burung elang bisa di ajak berfoto bareng. 


  
DUCK KINGDOM 
Disini kita dapat menemui spesies bebek dunia seperti bangau, Mute Swan yang berasal dari Amerika, Dan bebek Mandirin. terdapat makanan bebek yang di jual dengan harga Rp.5000,-. Tentunya kita akan merasakan sensasi berbeda jika memberi makan bebek secara langsung. 
 
RUMAH TERBALIK 
Wahana ini sangat di minati oleh pengunjung. Dari depan tampak bangunan rumah yang terbalik.

Tak kalah menarik teryata di dalamnya juga terbalik ketika masuk saya merasakan seperti berjalan di plafond rumah. Di penghujung ruangan ketika ingin keluar ternyata terdapat ruang kaca yang bisa membuat kita pusing, disini akan sangat membingungkan mencari jalan keluar, hampir saja saya terlepas dari rombongan. hahaha 
 
WATER TRACK
 Setelah punsing melewati ruangan kaca kita akan di sambut dengan wahana air yang bisa sedikit menghilangkan rasa pusing. Disini anak-anak bisa melatih keseimbangan tubuh. Karna ketika kita tidak seimbang kita akan basah dan bisa masuk ke air.
Tak jauh dari Water Track kita bisa masuk ke kandang brung yang luamayan besar, di sini kita bisa memberi makan burung-burung kecil. Sangatlah seru ketika memberi makan langsung  burung-burung.

Tak jauh dari tempat itu juga saya dapat menemukansebuah pasar burung dan kelinci yang bernama “Pasar Baeroeng Esok Boeka”  disini kita bisa duduk bersantai atau pun berfoto-foto. Dan selain itu saya juga bisa melihat burung dara yang dilatih berterbangan bersamaan.
   
ECO SCIENCE CENTER
Lokasi ini di lengkapi dengan nuansa lingkungan dan ekosistem yang di kemas indah dan view internasional. Terdapat pendidikan tentang asal-usul bumi, hidrologi, gunung berapi eksplorasi bumi seperti tambang batu dan emas.
Dn tak kalah menarinya di sini kita bisa merasakan simulator gempa 3-8 SR, kemudian Simulator Angin, dll. 

DOME MULTIMEDIA & ECO JOURNEY
Dome multimedia adalah bangunan berbentuk kubah. Sesuai namanya di dalam dome kita akan menyaksikan film tentang Hanuman melawan kekuatan jahat. Di lengkapi suara yang dasyat pertunjukan ini cukup hebat. Durasi film ini hanya sekitar 10 menit.
Sedangkan Eco jurney di sini kita menggunakan kereta kapsul yang memberikan gambaran baru, tempat ini menceritakan tentang bumi dari mulai peradaban dinosaurus di masalalu, sampai dengan peradaban menusia modern sekarang dengan banyaknya gedung tinggi dan juga terjadinya bencana seperti gempa bumi.

Ina wijayanti 
malangcorner


arief-arsitek


Tautan media yang lain