home

Meraup sukses hanya dengan modal kecil


Memulai suatu usaha tidaklah harus dengan modal yang besar – besar. Tapi anda Cuma harus bisa memikirkan konsep usaha apa yang ingin di lakukan dan dibangun. Lakukanlah observasi terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa besar pendapatan yang akan di dapat nanti dengan melihat sekitar dan tentunya memperhatikan pasar. Jika anda tertarik, di bawah ini ada sedikit rahasianya untuk memulai usaha tersebut: 

1.Menemukan passion yang spesifik
Hal ini adalah tonggak dasar dari meciptakan dan membangun suatu usaha. Kenapa ? karena dengan kita bisa menentukan passion kita apa, kita akan menjadi mudah untuk menentukan usaha apa yang akan kita jalankan nantinya.

2.Lihat peluang
Di atas tadi sudah di jelaskan sedikit tentang peluang. Kedua yang harus dilakukan adalah melihat peluang besar kecilnya dampak yang akan dihasilkan dari pemikiran dan konsep yang sudah di tentukan dengan melakukan observasi. Guna observasi disini adalah supaya bisa melihat dan mengamati persaingan di pasar dan sekitar. Selain itu target yang harus terpenuhi adalah kita bisa melihat peluang yang ada nantinya.

Peluang usaha sendiri adalah : kesempatan yang seharusnya diambil/dimanfaatkan bagi seorang wirausahawan untuk mendapat keuntungan baik kesempatan itu besar maupun kecil. Selain itu peluang usaha bisa di dapat dengan sebagai berikut :

1.Pintar melihat peluang usaha
Dengan kemampuan bisa membaca dan melihat sebuah peluang baik itu besar maupun kecil, kita dapat menentukan dan berfikir tentang apa yang harus di lakukan nantinya. Karena kemampuan melihat peluang usaha adalah juga bagian dari karakteristik pengusaha.

2.Membaca potensi yang ada di dalam diri sendiri
Sebelum melangkah lebih jauh anda seharusnya bisa memulainya dengan membaca potensi apa yang ada di dalam diri anda. Setelah kita dapat melihat peluang usaha kita langsung tanggap untuk bisa membaca potensi apa yang ada di dalam diri kita untuk dapat memanfaatkan peluang tersebut.

3.Berani memulai usaha
Jangan takut anda tidak punya modal, jangan takut dengan jumlah pesaing anda. Tetapi beranilah untuk memulainya walaupun dengan modal yang sedikit. Modal tidaklah menjadi tonggak usaha akan tetapi beranilah karena anda mempunyai potensi dan bakat dalam usaha yang akan anda guliti. 

4.Pantang menyerah
Jangan pernah menyerah dan mundur meskipun anda gagal, rugi . Karena dari itu semua anda mendapatkan sebuah pelajaran yang sangat berharga yang akan membuat anda menuju kesuksessan.

Di bawah ini ada beberapa contoh usaha kecil yang ada di sekitar anda, yang mungkin akan menjadi inovasi dan pemikiran anda nantinya :

a.Usaha di bidang Kuliner
Bicara makanan langsung saja untuk memikirkan suatu yang kedepannya akan menjadi favorit untuk semua orang dan bisa menjadi khas sendirinya. Ya, anda bisa memulainya dengan dengan usaha restaurant, rumah makan, café, warung. Dan ingat itu semua juga harus anda lihat berapa modal yang anda punya.

b.Usaha di bidang jasa
Ada beberapa usaha di bidang jasa antara lain : kurir, percetakan, tempat kursus, pembuatan website, jasa SEO, service dan masih banyal yang lainnya. Karena jasa tidak pernah sepi akan waktunya baik di saat apapun. Akan tetapi sesuaikan juga dengan skill apa yang anda punya dan kuasai.

c.Usaha jual beli
Ini mungkin sudah banyak di jalankan oleh banyak pengusaha baik jual beli dalam system cod, buka di tempat, maupun online. Ada banyak sekali juga produk-produk yang sangat di minati para konsumen yaitu diantaranya : Hp(Hand phone), Kamera, kendaraan, pakaian dan sampai binatang peliharaan juga. 

d.Usaha di bidang agrobisnis
Usaha ini identik dengan pertanian dan peternakan. Usaha ini sangat cocok di lakukan di daerah pedasaan karena masih tersedianya bnyak lahan yang luas. Sebagai contoh usaha di bidang agrobisnis ini adalah peternak ayam, budidaya ikan, peternak sapi, budidaya sayur mayor,buah-buahan dan masih banyak yang lainnya.


arief-arsitek


Tautan media yang lain