home

Modernitas Interior Kantor Google Jakarta, Indonesia


Google merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar  di dunia.  Di balik kemegahan perusahaan google, kenyamanan pekerja merupakan salah satu servis utama yang harus dijunjung sejak perusahaan mulai dijalankan. Melalui  etos ‘bekerja keras’ yang disematkan terhadap  pekerja google, memunculkan ide bagi pemilik google untuk merancang desain kantor (dekorasi interior kantor) yang dimaksudkan untuk mengurangi tingkat stress para pekerja. Di sini desainer menempatkan banyak area bermain seperti area pingpong, ruang istirahat, game station, area fitnes serta area peralatan olahraga yang lain pada area mezanin.

Konsep utama interior kantor google yaitu pengenalan ornamen tradisional yang berbasis modern. Dengan tidak meninggalkan unsur asli budaya indonesia, perancang memodifikasi interior dengan bahan-bahan yang alami seperti ekspose batu bata maupun batu ringan pada hampir semua dinding ruang. Di sisi lain interior kantor juga menerapkan konsep green design yang ditunjukan dengan penempatan tanaman-tanaman dekorasi pada fasad samping bangunan serta penggunaan tanaman-tanaman berpot ke dalam ruangan  yang dapat berpotensi memberikan kesan menyegarkan bagi para pekerja yang lelah beraktivitas. Kebanyakan tiap ruang di kantor baik ruang kerja maupun ruang publik seperti ruang makan menggunakan ekspose utilitas pipa pada plafon bangunan.

Desain yang natural serta dekorasi yang dominan dengan lambang budaya indonesia juga di kombinasikan dengan  warna-warna yang cerah pada perabot yakni warna merah, kuning dan biru sesuai logo google . Tempat kerja yang formal menggunakan desain yang kasual dengan sofa kayu, sedangkan pada area tunggu menggunakan sofa berwarna cerah yang menghadap langsung  pemandangan ke arah senayan dan sekitarnya. Akan tetapi yang terpenting bahwa  keseluruhan desain kantor google di indonesia ikut memperkenalkan kekayaan simbol-simbol budaya indonesia yang digabungkan dengan teknik desain yang modern untuk menanamkan kecintaan terhadap budaya sendiri pada pekerja lokal dan mngenalkan budaya Indonesia terhadap para pekerja luar.

Sumber: Indonesia design vol 11/No. 65/ Nov-Des 2014

Nurul Amalia, ST.
PT. Arief Arsitek
Greenwood Golf III / 40 Malang 
www.arief-arsitek.com
0341-6102999 / 9795999
malang.corner@outlook.com
nurulamalia006@gmail.com 


arief-arsitek


Tautan media yang lain