home

Nasi Krawu


Kabupaten Gresik Jawa timur dikenal dengan makanan khasnya bernama nasi krawu. Makanan khas yang di sajikan degan daun pisang. Memiliki Rasa yang khas di tambah sambal yang pedas, membuat nasi krawu sering di cari oleh orang. harga nasi krawu sangat bervariasi, selain itu mudah di cari hampir di semua jalan utama Kabupaten Gresik terdapat warung yang menjual makanan khas tersebut.

Nasi krawu berisi campuran nasi dan daging sapi dengan kadar minyak yang termasuk tinggi. Krawu berasal dari kata "krawukan" yang artinya mengambil nasi atau lauk dengan jari tangan langsung, tanpa alat bantu sendok atau lainnya. Namun, tidak sedikit yang menyebut bila sebutan krawu karena ada serundheng yang dibuat dengan camburan lombok. Dan yang Unik, si penjual nasi krawu rata-rata berasal dari Madura. Disebut nasi krawu, karena ada srundheng warna merah disebut krawu.

Nasi krawu Gresik mirip dengan nasi langgi, khas Kota Solo karena didominasi unsur daging. Bahkan lauk utama nasi krawu adalah daging serta ditambah jenis daging sapi bagian dalam atau di kenal dengan sebutan ‘jerohan’, empal dan kulit sapi serta dipadu kuah semur. Disajikan di atas daun pisang, nasi krawu dimakan bersama daging sapi yang disuwir-suwir, jerohan dengan sambal terasi pedas pekat, dipadu sambal dari parutan kelapa yang biasa disebut srundheng.

Seperti Halnya dengan jajanan khas daerah, nasi krawu makanan khas kota Gresik juga mempunyai cerita. Kendati tidak ada literatur yang resmi, namun mulut ke mulut yang diterima hingga sekarang adalah nasi krawu aslinya bukan dari Gresik, tapi masakan khas Madura.Namun, di Madura sendiri hampir tidak ada lagi yang memasak nasi krawu.

Lepas benar atau tidak cerita muasal nasi krawu, yang pasti memang saat ini banyak ditemui di Kabupaten Gresik. Orang terlanjur mengenalnya sebagai makanan khas Kabupaten Gresik.Karena memang jenis masakan yang mengandalkan suwiran daging, mangot serta pedasnya sambal terasi hanya dapat ditemui di Gresik.


arief-arsitek


Tautan media yang lain