home

Nike meluncurkan sepatu yang bisa kencangkan tali secara otomatis


Punya sepatu yang bisa mengikat tali sepatu sendiri? Mungkin hal tersebut masih menjadi imajinasi orang-orang yang telah menyaksikan film lawas Back to the Future II di tahun 1989. Namun hal tersebut tidak selamanya menjadi imajinasi semata, karena brand produk sepatu Nike memiliki sepatu yang bisa mengikat tali sendiri.


Kali ini Nike membuat teknologi terbaru sepatu canggih yang bisa mengikat tali sepatu secara otomatis, sesuai ukuran kaki pengguna. Nike HyperAdapt 1.0, inilah sepatu terbaru Nike yang siap meluncur akhir pekan ini dengan tiga warna varian.

Nike sebelumnya pernah merilis sepatu Back to the Future bertepatan dengan tanggal yang disebut dalam salah satu adegan film tersebut. Sekilas tentang film Back to the Future II di tahun 1989, diceritakan Marty McFly, sang tokoh utama menjelajah waktu ke tanggal 21 Oktober 2015.

 

Di film itu, ia memakai Nike High Top yang secara otomatis dapat mengencangkan talinya sendiri sesuai ukuran kaki. Teknologi itu dinamakan ‘power laces’. Cerita film itu pun akhirnya dibuat nyata oleh Nike dan disebarkan melalui media sosial sang aktor pada bulan Oktober 2015 lalu.
“Dibuat khusus, pengalaman bekreasi sendiri, ini adalah salah satu sepatu paling luar biasa,” tutur Tiffany Beers, seorang tehnisi dari bagian pengembangan produk dan inovasi Nike.

 

Sepatu pintar yang awalnya hanya dibuat sebagai peringatan film klasik itu pun pada akhirnya akan dijual secara luas. Namun tidak dalam kuantitas besar, agar tetap terbatas dan eksklusif.

 

Lalu bagaimana cara kerjanya? “Ada dua tombol, plus dan minus. Tekan simbol tambah untuk mengencangkan, kamu tak perlu lagi menyesuaikannya,” lanjut Tiffany.
Direncanakan, Hyperadapt 1.0 akan dijual saat musim liburan pertengahan tahun nanti. Untuk saat ini, sepatu eksklusif itu hanya dapat dipesan oleh para anggota setia Nike+.


arief-arsitek


Tautan media yang lain