home

Nuansa Indah Di Kampung Warna - Warni Kota Malang


 
  
 
Kampung warna warni jodipan adalah salah satu objek wisata di kota malang. Kamu yang suka selfie atau suka foto-foto tentunya nggak asing dong. Tidak sedikit wisatawan berkunjung ke tempat ang lagi nghits ini, hanya sekedar berfoto dengan background rumah warna warni. Buat kamu yang belum tahu tentang kampung warna warni saya akan mengulas tentang kampung warna warni jodipan. Memang, dulunya adalah kampung kumuh sekarang disulap menjadi kampung yang sangat cantik yuk kepoin...

= SEKILAS . .

Kampung warna warni Jodipan buka setiap hari dari jam 06.00 sampai 18.00. Tiket masuk ke kampung warna warni sangatlah murah hanya Rp. 2000/orang saja dan kamu dapat menikmati spot-spot foto yang unik-unik. Tarif parkir untuk motor 2000/motor, mobil 5000/ mobil, untuk bis pariwisata 15.000-25000 tergantung tempat parkir.

= LOKASI KAMPUNG WARNA WARNI . .

Lokasi kampung warna warni berada di Jalan IR. H. Juanda, Kelurahan Jodipan RT. 06 RW. 02, Kecamatan Blimbing, Kota Malang Jawa Timur 65126. Terletak di bantaran sungai, dibawah jembatan rel kereta api dan dekat dengan pasar loak. 

= AWAL MULA KAMPUNG WARNA WARNI JODIPAN . .

Berawal dari tugas praktikum Public Relations (PR) Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang. Sekelompok mahasiswa yang terdiri dari 8 orang ini diantaranya Dinni Anggraeni, Nabila Firdausyiah, Ira Yulia Astutik, Salis Fitria, Ahmad Wiratman, Fahd Afdallah Ramadhan, Wahyu Fitri dan Elmi Rukhiatun  bergabung dalam komunitas Guyspro (Guys of Public Relations). Mereka berinisiatif membuat kampung warna warni agar kampung juanda di jodipan tidak terlihat kumuh serta mengubah perilaku warga mengenai sanitasi serta kebiasaan warga yang sering membuang sampah di sungai. 

Guyspro kemudian menawarkan gagasan ini kepada warga setempat dan gagasan ini langsung disetujui. Selanjutnya, untuk merealisasikan konsep kampung warna-warni ini, Guyspro mengajak kerja sama PT. Inti Daya Guna Aneka Warna (INDANA). Gayung bersambut, PT INDANA menjadikan Kampung Warna Warni ini sebagai bagian dari program CSR mereka, sebagai bentuk kepedulian sosial kepada kota Malang. Akhirnya program CSR ini berjalan dengan nama “Decofresh Warnai Jodipan”.

Untuk mengecat tembok  dan atap rumah di kampung ini, mereka melibatkan komunitas mural serta para seniman. Pengecatan dilakukan tukang cat yang disediakan oleh PT Indana, tim Guyspro serta warga setempat. Untuk pengecatan rumah-rumah yang tinggi, bantuan didapatkan dari Batalion 464 Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU Malang. Jumlah rumah yang dicat di Jodipan mencapai 100 unit. Jumlah cat yang dihabiskan untuk mewarnai kampung warna-warni ini mencapai 3 ton Decofresh dengan varian 15 warna.

Sekarang kampung kumuh disulap menjadi kampung yang cantik dan bersih tidak hanya itu masyarakat kampung warna warni juga sudah merubah kebiasaan yang suka buang sampah sembarang. Tidak hanya itu masyarakat kampung ini juga mendapat pendapatan tambahan dari jualan dan lain-lain. Rencana sekelompok mahasiswa yang ingin mengubah perilaku masyarakat setempat soal sanitasi benar-benar berhasil. Nah.. sudah tahu kan apa itu sanitasi? adalah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia. 

= SPOT MENARIK KAMPUNG WARNA WARNI JODIPAN . .

1. Jembatan sungan Brantas
 
  
Jembatan ini dapat melihat keseluruhan rumah warna warni dan terlihat jembatan kerata api juga sungai Brantas.

2. Tangga warna warni
 
Jadi setiap tangga ataupun jalan semua di cat sedemikian rupa. Tangga juga menjadi spot yang bagus berselfie.

3. Dinding dua warna
 
  
Dinding 2 warna ini adalah spot foto yang paling di sukai jadi jangan heran banyak orang-orang ngantri foto di spot ini. Spot ini berada di belakang rumah dekat sungai berantas yah.. 

Masih banyak lagi spot-spot foto yang menarik di kampung warna warni jodipan. Itulah paparan tentang kampung warna warni jodipan semoga bermanfaat.
 
malangcorner
NAILI AZIZAH


arief-arsitek


Tautan media yang lain