home

Pemandian Alam Sumber Maron Malang


 

Sumber Maron Merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Malang yang daya tarik utamanya berupa sumber mata air yang jernih serta air terjun kecil yang berada di dalamnya. Sejak tahun lalu, Sumber Maron mulai kebanjiran pengunjung terutama ketika di musim liburan. Sumber Maron terletak di dusun Adiluwih – Desa Karangsuko, salah satu desa di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Lokasinya sangat dekat dengan perbatasan kecamatan Gondanglegi maupun Kepanjen sehingga terkadang ada yang menyebut Sumber Maron ini terletak di Gondanglegi maupun di Kepanjen.

Sumber Maron di Malang ini merupakan sumber air jernih dan indah yang berada di antara sawah-sawah yang hijau dan memanjakan mata disekitarnya. Asal usul nama Sumber Maron berasal dari kata sumber yang artinya mata air sedangkan untuk maron terdapat dua versi untuk itu. Maron sendiri merupakan sebuah kata untuk menyebut alat memasak nasi, versi pertama menyebut asal nama Sumber Maron karena ada maron yang pernah dibuang di daerah ini, ada juga yang menyebut kondisi kawasan wisata ini yang menyerupai maron sehingga akhirnya disebut Sumber Maron. 

Di dalam objek wisata Sumber Maron ini terdapat pula sebuah air terjun mini dengan ketinggian 5 – 6 meter serta kemiringan mencapai 60 derajat. Oleh masyarakat setempat, air terjun mini ini disebut Grojogan Sewu (jangan sampai keliru dengan air terjun Grojogan Sewu lainnya di kecamatan Pujon, Kabupaten Malang).  Selain sebagai objek wisata alam, di Sumber Maron Malang ini juga dapat dijadikan objek wisata edukasi maupun tekonologi untuk pelajar, mahasiswa dan kalangan lainnya oleh karena terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Hal Menarik yang anda Bisa dilakukan di Sumber Maron di antarnya :

1.Bermain dan berenang



Jika anda datang ke sini anda tidak akan terlepas dari bermain dan berenang. Di sini terdapat spot yang luas untuk hal itu. Air di sumber maron ini berarus deras dan memiliki air terjun mini yang bernama Grojogan sewu, grojogan ini sangat curam dan berlumut sehingga anda harus berhati-hati ketika bermain.
 
2.Tubing/River Tubing



Tubing adalah salah satu aktivitas wisata dimana seseorang naik diatas ban dalam dan membiarkan diri mengapung diatas permukaan air. Hal ini juga merupakan salah satu atraksi wisata favorit di Sumber Maron. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan river tubing, dengan membiarkan dirinya mengapung sambil dibawa arus sungai yang sedikit deras di Sumber Maron ini. River tubing di Sumber Maron dapat dilakukan pada bagian bawah yang ada air terjun mininya. Untuk ban dalam yang khusus untuk river tubing(terdapat tali penahan di tengah band dalam agar dapat duduk lebih nyaman) juga tersedia di kawasan wisata ini.
    
3.Selfi



Jika anda sedang berlibur pasti anda tidak jauh dari selfi atau berfoto-foto. Anda bisa mengambil gambar selfi di sini. Karena pemandangan alam yang memanjakan mata dan hijaunya hamparan sawah dan hutan di padu dengan jernihnya air akan membuat hasil foto selfi anda menarik.
   
4.Wisata edukasi dan teknologi
Terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di kawasan wisata Sumber Maron Malang ini yang dapat dijadikan sebagai tempat pembelajaran teknologi pembangkit listrik bagi para pelajar, mahasiswa serta kalangan umum. 

Ina Wijayanti
malangcorner


arief-arsitek


Tautan media yang lain